Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Deddy Ramdhani

SELUMA, PB – Hingga saat ini, Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) seluruh desa di kecamatan Seluma Utara belum di kucurkan karena belum menyampaikan rekomendasi hasil evaluasi Alokasi pendapatan belanja Desa (APBDes) dari Dinas PMD Kabupaten Seluma. Dari 182 desa 89 Desa diantaranya sudah di kucurkan ke rekening desa masing-masing.

“Untuk Kecamatan Seluma utara belum ada satupun DD dan ADD di kucurkan karena belum memenuhi syarat pencairan. Di Kecamatan Seluma barat keseluruhannya sudah dikucurkan,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Seluma, Deddy Ramdhani Kepada wartawan, Rabu (18/04/2018).

Dedy mengatakan, agar 93 desa yang belum menerima DD dan ADD untuk dengan cepat menyampaikan hasil dan rekomendasi dari DPMD agar anggaran bisa dikucurkan ke rekening guna pembagunan di setiap desanya.

Kata dia, sesuai dengan aturan pencairan ADD dan DD, 7 hari setelah dana ditransfer ke Kasda harus sudah direkening desa. Sehingga sebanyak 121 Desa lagi yang belum mengurus pencairan. Menurutnya, terkendala dengan APBdes yang belum selesai dan masih dalam proses.

“Jika tidak, kedepannya akan kita koordinasikan dengan OPD terkait untuk mempertanyakan alasan lambannya desa-desa menyampaikan rekomendasi APBDes ini,” ujarnya.

Diketahui, pencairan DD tahap pertama sebesar 20 persen, sedangkan tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen. Berbeda dengan ADD, yang pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. [Sepriandi]