Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Julian Zuherwan

SELUMA, PB – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Julian Zuherwan mengatakan kepala Desa (Kades) tidak berhak membagi rata Beras Sejahtera (Rastra) yang merupakan bantuan langsung dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Pemerintah Desa kata dia, hanya berhak memfasilitasi pembagian Rastra sesuai pedoman umum dari Kementerian.

” Tidak boleh memberikan Rastra ke masyarakat diluar daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan langsung dari kemensos. Desa hanya berhak membagi atau memfasilitasi. Tidak boleh mengganti dengan KPM yang lain, ” katanya, Senin (09/04/2018).

Dia menegaskan, jika memang masih ada masyarakat yang layak menerima namun belum terdaftar, silahkan diusulkan melalui musyawarah desa kemudian disampaikan ke Dinas Sosial.

“Tidak boleh diganti. Solusinya, kalau memang masih ada. Kita mau falidasi data penerima yang ada. Kalau memang yang betul-betul miskin, maka diusulkan kembali. Kepala desa harus buka diri, tidak boleh semena-mena,” tandasnya.

Untuk Desa Rawah Indah kata dia, Kedepan harus sesuai dengan data penerima. Kades tidak ada hak merubah data penerima Rastra.

“Kalau memang harus ada yang diganti, ya silahkan diusulkan. Nanti bisa dikeluarkan. Tidak bisa langsung bagi-bagi seperti di Rawah Indah,” tutupnya. [Sepriandi]