Puluhan pelajar diamankan Satpol PP

REJANG LEBONG, PB – Sebanyak 14 pelajar SMPN 5 Rejang Lebong terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Senin (09/04/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Para pelajar ini diamankan di Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup saat tengah nongkrong sambil merokok dan bermain gaple saat jam pelajaran sekolah.

Kepala Satpol PP Rejang Lebong Rachman Yuzir menjelaskan, para pelajar terjaring razia karena pada saat jam sekolah ditemukan sedang merokok dan bermain gaple. Mereka juga diketahui tidak masuk sekolah dari pagi dengan alasan terlambat dan tak berani lagi ke sekolah.

“14 siswa tersebut masih menggunakan segaram sekolah, mereka merokok dan bermain gap, kami langsung mengembalikannya kesekolah mereka,” kata Rachman Yuzir, Senin (09/04/2018).

Setelah diamankan, para pelajar ini akan dikembalikan kepada pihak sekolah untuk diberikan pembinaan.

Lanjut Rachman, kegiatan ini akan terus digelar secara rutin ke lokasi-lokasi pusat Rental PS, warnet dan titik-titik kumpul para pelajar yang bolos saat jam pelajaran sekolah berlangsung.

“Untuk tempat usaha yang masih menerima pelajar saat jam pelajaran sekolah akan kita berikan peringatan. Sedangkan untuk para siswa akan langsung dikembalikan pada sekolahnya masing-masing,” ungkapnya.

Untuk kedepan Satpol PP Rejang Lebong akan membuat Perda trantibum (Ketentraman dan Ketertiban Umum). Dengan perda tersebut Satpol PP diharapkan dapat melakukan penindakan secara tegas. Ditargetkan pada tahun 2019 mendatang, Perda tersebut sudah mulai dan dapat digunakan sebagai bahan acuan.

‘Kedepannya Pol PP akan menggunakan perda sendiri yang dimana sangsi-sangsinya kembali ke perda Pol PP itu sendiri,” pungkas Rachman. [Benny Septiadi]