Ratusan mahasiswa yang akan mengikuti ekspedisi dalam rangka Kuliah Lapangan Bersama (KLB) berfoto di depan KRI Teluk Sibolga – 536 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Amin Wibowo sebelum berangkat menuju pulau terluar perairan Bengkulu, Enggano, Minggu (14//4/2018).

BENGKULU, PB – Terhitung sejak tanggal 14 – 22 April mendatang, sebanyak 183 Mahasiswa MIPA dan dosen pendamping Universitas Bengkulu (UNIB) melaksanakan ekspedisi.

Menariknya, ekspedisi dalam rangka Kuliah Lapangan Bersama (KLB) pengabdian masyarakat Ke -13 ini difasilitasi menggunakan KRI Teluk Sibolga – 536 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Amin Wibowo menuju pulau terluar perairan Bengkulu, Enggano.

“KLB kali ini dilaksanakan atas kerjasama antara Lanal Bengkulu dan UNIB. Tujuannya, untuk peningkatan kemampuan akademik mahasiswa,” tegas Komandan Pangkalan TNI AL Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin, Minggu (15/4).

Ditambahkan Agus, Pulau Enggano merupakan satu-satunya kecamatan kepulauan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara yang memiliki 6 desa dengan total jumlah penduduk 3000 jiwa.

“Saya menghimbau agar selama mengikuti ekspedisi ini mengikuti seluruh aturan dan ketentuan yang ada di kapal perang milik TNI AL ini,” ujar Agus.

Komandan Pangkalan TNI AL Bengkulu Letkol Laut (P) Agus Izudin saat memberikan arahan.

Dilain sisi, peserta dalam mengikuti ekspedisi mendapatkan pengalaman dan ilmu sepanjang perjalanan ekspedisi. Sehingga dapat diterapkan selanjutnya dikehidupan masyarakat nantinya.

“Berbagai aspek kehidupan dapat dipelajari dalam perjalanan ini. Khususnya kedisiplinan,” singkat Agus. [Ifan Salianto]