Sarden Kalengan

SELUMA, PB – Meskipun di Kabupaten Seluma tidak di temukan ikan kalengan (sarden) yang di jual terdapat cacing. Namun, Disperindagkop menegaskan untuk sementara waktu masyarakat di kabupaten Seluma untuk menahan diri mengkonsumsi ikan sarden dalam kemasan tersebut.

“Meskipun tidak ada mengandung cacing pada 10 produk siap saji beberapa hari lalu. Namun kita menghimbau untuk menunda dan tidak usah membeli ikan kalengan terlebih dahulu,” Kata kepala Dinas Perindagkop Seluma, Mulyadi Joyo Martono, Senin (02/04/2018).

Menurutnya, Dipserindagkop masih menunggu arahan dari BPOM provinsi Bengkulu untuk perintah melakukan penarikan makanan siap saji ikan sarden tersebut. Termasuk menarik dari pasar terhadap sejumlah sejumlah merek ikan kaleng tersebut.

“Rabu mendatang kita akan rapat bersama termasuk membahas arahan dari BPOM RI terhadap penarikan ikan sarden ini, ” sambungnya.

Kata dia, sebelumnya warung manisan di kabupaten Seluma. Dalam sidak tersebut satu persatu produk kemasan ikan kalengan tersebut di buka dan diperiksa satu persatu.

Seperti pada produk dan jenis Dolores, Fujisan, Bantan, Botan, Gaga, ABC Mackerel, King’s Fisher, Mackerel Fiesta, ABC Sardines, Botan Premium Mackerel. Sehingga sampel pemeriksaan ini akan disampaikan kepada publik bahwa di Seluma terbebas dari cacing yang meresahkan dan bikin heboh beberapa waktu lalu. Pemeriksaan ini, secara kasat mata saja tanpa menggunakan alat yang canggih.

Kepala Dinas Perindagkop Seluma, Mulyadi Joyo Martono

“Diseluma di periksa secara kasat mata saja, tanpa menggunakan alat,” jelasnya.

Mulyadi berharap agar warga di kabupaten Seluma juga bisa memerhatikan makanan yang akan di beli. Juga bisa jeli memilah makanan yang akan habis kadarluarsanya. Termasuk pedagang sendiri juga bisa memilahkan barang dagangan yang akan memasuki masa kadarluarsa dan tidak layak di konsumsi tersebut.

“Untuk warga Seluma sementara waktu menunda terlebih dahulu untuk mengkonsumsi ikan kalengan ini, “tutupnya. [Sepriandi]