Asisten I Setda Seluma Mirin Ajib

SELUMA, PBĀ – Asisten I Setda Seluma Mirin Ajib mengatakan, dalam waktu dekat, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Sekretariat Daerah (Setda) Seluma, akan menggelar rapat terkait rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) hasil rapat bersama di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.

Berdasarkan rapat Baperjakat nantinya, baru lah dilakukan mutasi kembali untuk memberikan jabatan kepada pejabat eselon II yang sebelumnya kena Non Job dan mengisi kekosongan jabatan di sejumlah OPD.

“Tidak menutup kemungkinan semua yang non job akan diaktifkan kembali. Tergantung hasil rapat Baperjakat nanti,” tandasnya.

Salah satu poin rekomendasi KASN kata dia, yaitu ada beberapa pejabat yang tidak memenuhi kualifikasi. Contohnya, Camat yang harus memiliki sertifikat pendidikan pemerintahan.

“Nanti akan kita rapatkan lagi, jadwalnya belum bisa kita pastikan,” tutupnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rapat bersama di Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mengharuskan Pemkab Seluma mengembalikan posisi jabatan kepada sejumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) yang dimutasi pada periode September 2016 dan januari 2017 lalu.

Beberapa ASN yang dimutasi sebelumnya, karena imbas dari perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satunya, dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) yang hilang.

Pada mutasi periode januari 2017, sebanyak 630 ASN Seluma dimutasi. 25 eselon II, 130 eselon III dan 401 eselon IV. Dari 630 ASN dimutasi, 70 diantaranya non job.

Mutasi periode September 2016 dan januari 2017 dinilai melanggar aturan, sehingga dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN). Akibatnya, pemkab Seluma harus membatalkan SK Bupati terhadap mutasi dua periode tersebut. [Sepriandi]