Sosialisasi kepada pengusaha tentang manfaat menaati perizinan di salah Hotel ternama Kota Bengkulu, Kamis (5/4).

BENGKULU, PB – Penjabat Walikota Bengkulu, Budiman Ismaun, meminta kepada seluruh pengusaha yang ada di Kota Bengkulu agar mulai tertib dalam perizinan usaha yang dimiliki.

Terlebih lagi, saat ini Pemerintah telah melakukan berbagai cara guna mempermudah pengurusan izin bagi para pengusaha. Tujuannya tak lain adalah agar pelaku usaha bisa nyaman selama menjalankan usahanya.

“Kita harus akui. Sektor perizinan usaha ini masih banyak perlu pembenahan diberbagai sisi. Sehingga, program perizinan satu pintu dapat berjalan dengan maksimal. Otomatis, kemajuan berbagai bidang usaha juga akan terlaksana dengan baik,” ujar Budiman Ismaun saat memberi sambutan dalam kegiatan Sosialisasi kepada pengusaha tentang manfaat menaati perizinan bertema ‘Dengan Kepatuhan Terhadap Perizinan Usaha Lancar, Tanpa Halangan dan Hambatan Siap Menuju Kota Bengkulu yang E-goverment’ yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu di salah Hotel ternama Kota Bengkulu, Kamis (5/4).

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu, Toni Harisman mengatakan, penerapan perizinan secara elektronik merupakan salah satu solusi terbaik untuk mempermudah para pelaku usaha dalam mengurus perizinan.

“Perizinan secara elektronik itu sangat mudah dilakukan dan bisa selesai dalam kurun waktu satu hari saja. Sebab, semua persyaratan bisa di upload melalui Internet ke dalam website DPMPTSP dan akan langsung diproses secara digital. Dengan catatan semua syarat lengkap,” tegas Toni.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Dilain sisi, Toni menghimbau agar seluruh pelaku usaha yang ada di Kota Bengkulu wajib memiliki izin. Sehingga, dalam menjalankan usahanya bisa nyaman, aman dan terhindar dari razia.

“Sebelum kita lakukan Sosialisasi E-goverment ini, kami juga sudah melakukan sosialisasi tentang kewajiban pengusaha dalam memiliki izin usaha,” ujar Toni.

Untuk diketahui, acara yang dibuka langsung oleh Pejabat Walikota ini menghadirkan penyidik Polda Bengkulu sebagai narasumber dan diikuti oleh pelaku usaha serta lurah sebagai peserta. [Ifan Salianto]