Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Darmayanti Lubis ketika tiba di Bandara Fatmawati Sukarno, Senin (30/4/2018).

BENGKULU, PB – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Prof Dr Darmayanti Lubis didaulat sebagai keynote speaker dalam acara Kelas Politik dalam Rangka Memperingati Hari Kartini yang digelar Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Bengkulu di Hotel Bougenville Pantai Panjang, Senin (30/4/2018).

Dalam paparannya, Prof Darmayanti menghimbau kepada para perempuan Indonesia, Bengkulu khususnya, tampil di panggung-panggung politik. Ia menyampaikan, setidaknya ada tiga alasan kenapa hal ini penting.

“Pertama, secara demografi, jumlah perempuan sama dengan jumlah laki-laki. Bahkan di Sumatera Utara jumlah perempuan lebih banyak. Kedua, pada teori postmodern, semua hal dituntut berjalan secara efektif. Tantangan global meminta agar jangan hanya laki-laki yang dapat peran di ruang publik, perempuan juga harus mempunyai peran. Ketiga, perempuan ini masih menghadapi banyak persoalan,” kata Prof Darmayanti.

Menurut Prof Darmayanti, Bengkulu cukup teruji dalam memperjuangkan perempuan dalam kancah politik. Ia menunjuk Senator termuda Indonesia Riri Damayanti John Latief sebagai contoh terbaik dalam hal ini.

“Riri Damayanti adalah contoh betapa perempuan Bengkulu adalah perempuan hebat. Di tengah usianya yang masih sangat muda, ia sudah memimpin jalannya sidang DPD RI. Ia mampu memimpin sidang dengan baik dan menenangkan kegaduhan-kegaduhan yang sempat terjadi. Saya doakan beliau kembali menjadi anggota DPD RI sehingga dapat terus memberikan semangat dan motivasi bagi perempuan-perempuan lainnya,” ujar Prof Darmayanti.

Prof Darmayanti juga mengingatkan kepada para perempuan Bengkulu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang. Namun ia optimis KPPI Bengkulu mampu menjaga soliditas dan kekompakkan untuk menghadapi dunia politik yang keras dan mengantisipasi berbagai kecurangan yang mungkin akan menimpa kaum perempuan yang berpolitik.

“Perempuan pantas untuk menduduki jabatan-jabatan strategis di Pemerintahan. Memang tidak mudah. Makanya mulai sekarang, berikan empati kepada rakyat, jangan nanti dekat Pemilu baru nongol. Semoga semua harapan kita terwujud dalam Pemilu 2019,” pungkas Prof Darmayanti.

Acara Kelas Politik dalam Rangka Memperingati Hari Kartini yang digelar KPPI Bengkulu ini juga diisi dengan pelantikan pengurus DPC KPPI Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Acara ini dapat terselenggara berkat kerjasama antara DPD KPPI Bengkulu dengan DPD RI.

Selain Prof Dr Darmayanti Lubis sebagai keynote speaker, sekolah politik ini juga menghadirkan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Acara ini terselenggara dengan meriah dengan atraksi dol dan tarian khas Bengkulu dari pengurus KPPI. [Banjar Anyut]