Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersama para pejabat saat tiba di Grage Hotel untuk mengikuti Musrenbang Provinsi Bengkulu, Kamis (12/4).

BENGKULU, PB – Porsi pembangunan diyakini akan lebih terarah melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Pasalnya, melalui Musrenbang, penyelenggara daerah dapat menentukan ploting anggaran serta peruntukan anggaran dinilai akan lebih tepat sasaran.

“Sejumlah sektor pembangunan Provinsi Bengkulu masih harus terus ditingkatkan. Sebab, Provinsi Bengkulu masih dalam katagori sebagai salah satu daerah yang cukup terisolasi. Melalui Musrenbang, pemangku kepentingan bisa menentukan tujuan anggaran pembangunan daerah,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat membuka Musrenbang Provinsi Bengkulu di Grage Hotel, Kamis (12/4).

Dilanjutkan Rohidin, sejumlah potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu akan terus digarap kedepannya. Salah satunya yaitu Pelabuhan Pulau Baai.

“Jika tidak ada halangan, bulan Mei ini Presiden Jokowi akan langsung meresmikan Pelabuhan Pulau Baai menjadi sentra Kawasan Ekonomi Khusus. Ini merupakan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa kita miliki. Hanya perlu disentuh dengan proses pengembangan serta pemeliharaan sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat kita,” ujar Rohidin dalam sambutannya.

Sementara itu, Elfi Hamidi, Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu mengingatkan jika Musrenbang merupakan amanat Undang Undang dan wajib dilaksanakan. Kendati demikian, dalam implementasinya dibutuhkan sinergitas penuh antara legislatif dan eksekutif.

“Jalankan peran dan fungsi masing-masing dengan sebaik-baiknya. Sehingga, realitas yang terjadi benar-benar sesuai dengan perencanaannya,” tegas Hamidi.

Pantauan Pedoman Bengkulu, acara Musrenbang Provinsi Bengkulu berlangsung meriah. Acara dihadiri oleh seluruh kepala daerah tingkat dua atau yang mewakili.

Plt Gub saat menyerahkan penghargaan kepada para bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada 3 Bupati yang dinilai telah mampu melakukan peningkatan pembangunan. Diantaranya, Bupati Lebong, Bupati Mukomuko dan Bupati Bengkulu Utara. [Ifan Salianto]