Jenazah Rustam Efendi 

BENGKULU SELATAN, PB – Rustam Efendi alias Bobi Bin Plan, satu dari tiga orang napi penghuni rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, yang kabur pada Kamis (30/11/2017) lalu, tewas tertembak saat dilakukan pengejaran oleh anggota Unit Satreskrim Polsek Mulak Ulu Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Ini terjadi lantaran Rustam Efendi melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata saat pengejaran yang dilakukan oleh pihak berwajib, pada Senin (2/4/2018).

Kepala Rutan Klas II B Manna, Andi Anjar saat dihubungi awak media membenarkan kejadian tersebut.

“Ya memang benar, bahwasanya satu orang tahanan yang kabur dari Rutan Manna dulu tewas, atas nama Rustam Efendi,” jelas Andi.

Sekedar mengingatkan, tiga Napi yang kabur dari Rutan Manna tersebut yakni Edowin Apriansyah warga Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, Rustam Effendi warga warga Desa Kuripan Babas, Kecamatan Pagar Alam, Kota Pagar Alam. Keduanya merupakan napi kasus pencurian sepeda motor (curanmor).

Sedangkan napi Ajraf Mahadi, warga Desa Pagar Dewa, Kota Manna, Bengkulu Selatan, merupakan napi kasus pemerkosaan.

Dengan berhasil ditangkapnya Rustam Effendi (dalam keadaan tewas), berarti tinggal satu lagi tahanan Rutan Manna yang belum berhasil ditemukan, yakni Ajraf Mahadi.

Sebelumnya, buronan atas nama Edowin Apriansya menyerahkan diri dan dijemput oleh Tim Opsnal Satreskrim Polres Bengkulu Selatan di Desa Bumi Agung Kecamatan Dempo Utara, Pagar Alam. [Apdian Utama]