Sekda bersama jajaran BPKP Bengkulu saat membuka Diklat Barang dan Jasa di Aula BPSDM Provinsi Bengkulu, Selasa (10/4).

BENGKULU, PB – Tingkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Teknis Audit Barang/Jasa, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Auditor Barang/Jasa se Provinsi Bengkulu.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti dalam sambutannya menjelaskan arti penting auditor dalam menentukan menjalankan pembangunan daerah.

“Tim Audit sangat penting dalam menjalankan Pemerintahan, Menjadi auditor saat ini jangan takut akan masalah, karena jika dijalankan secara benar tidak akan mendapat masalah,” ujar Sekda saat membuka Diklat Barang dan Jasa di Aula BPSDM Provinsi Bengkulu, Selasa (10/4).

Nopian juga berharap, Diklat sangat bagus dilakukan karena secara khusus dilaksanakan bagi para auditor barang/jasa. Menurutnya, sebelumnya pelaksanaan Diklat selalu dilaksanakan bagi banyak bidang keahlian.

“Beginilah sebenarnya yang saya mau, diklat dilaksanakan hanya pada satu bidang (auditor), jadi apa yang dipelajari terfokus pada satu tujuan,” tutur Sekda Nopian Andusti.

Senada dengan Sekda, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bram Brahmana menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Diklat tersebut, dirinya bersama pejabat BPKP lainnya siap mendukung terkait pengawasan keuangan.

“BPKP siap mendukung apa yang dilakukan Pemprov,” pungkas Bram.

Selain itu, Plt Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bengkulu Fevri Herlina melaporkan, pelaksanaan Diklat ini dirancang dengan tujuan untuk membentuk auditor yang mampu melaksanakan audit atas pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

“Kita perlu mengupgrade auditor agar mampu melaksanakan tugas lebih baik, untuk itu kita adakan diklat teknis bagi auditor barang/jasa,” kata Fevri. [Dimas/MC Humas Pemprov/Ifan Salianto]