Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Gedung GB III, Universitas Bengkulu, Sabtu (28/4/2018).

SEBAGAI wujud kepeduliannya terhadap adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Himpunan Mahasiswa Bengkulu Utara (Himabu) melaksanakan Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Gedung GB III, Universitas Bengkulu, Sabtu (28/4/2018).

Sebagai jalur kedua untuk memasuki PTN, jalur ini menjadi alternatif utama bagi mereka yang belum bisa lolos di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Persaingan di jalur SBMPTN ini juga tidak main-main, karena ujian ini bersifat nasional. Menghadapi hal itu, peserta memiliki tips dan triknya masing-masing.

Dari mulai mengikuti bimbingan belajar, membeli buku-buku SBMPTN, mengumpulkan soal-soal SBMPTN tahun lalu hingga mengikuti berbagai kegiatan terkait ujian SBMPTN dan salah satunya adalah try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh Himabu ini.

Kegiatan ini diikuti oleh 171 peserta. Peserta diberikan dua jenis soal, antara lain soal SBMPTN yang terdiri dari soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), soal Sosial Humaniora (Soshum), Sains dan teknologi (Saintek) dan untuk paket UMPTKIN.

Para peserta tampak fokus mengerjakan soal.

Afri Sukandar (20), ketua panitia kegiatan mengungkapkan bahwa peserta dalam kegiatan ini bukan hanya dari Bengkulu Utara, namun ada juga dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu.

“Karena kita buka pendaftaran untuk umum, peserta banyak dari luar Bengkulu Utara. Ada dari Curup, Kepahyang, Bengkulu Tengah, Manna, Kaur, Seluma, Kota Bengkulu dan tetap paling banyak adalah peserta dari Bengkulu Utara,” kata Afri.

Menurut Afri, dengan terselenggaranya try out SBMPTN ini diharapkan adik-adik nantinya ketika menghadapi ujian SBMPTN bisa lulus di kampus yang mereka inginkan.

“Setelah ini nanti hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 2 Mei 2018, selain itu untuk hasilnya tiga peserta dengan nilai terbaik akan diberikan apresiasi dengan memberikan piagam penghargaan, tropi dan uang pembinaan,” ungkapnya.

Para panitia berfoto bersama.

Sejalan dengan itu, Andri Pratama selaku Ketua Umum Himabu mengatakan bahwa pihaknya berharap semua peserta try out setelah diterima menjadi mahasiswa nantinya akan menjadi anggota di organisasi Himabu.

“Semoga nanti mereka lulus semua, dan bisa bergabung menjadi anggota Himabu dan nantinya akan menjadi penerus kami, dan untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia di Bengkulu Utara dalam hal ini khususnya untuk mahasiswa, ayo bersama-sama kita membangun daerah melalui wadah organisasi ini, salah satunya dengan memberikan semangat untuk adik-adik kita dalam mengikuti ujian SBMPTN pada tanggal 8 Mei 2018 nanti,” tutup Andri.

Deni Dwi Cahya, Jurnalis Pedoman Bengkulu