Workshop Pengisian Data Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) bagi dosen di lingkungan di aula lantai 6 Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus IV UMB, Rabu (11/4/2018).

DALAM rangka menindaklanjuti surat edaran Kemenristek Dikti mengenai pendaftaran akun dan pemutakhiran data Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) paling lambat pada 30 April 2018 mendatang, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menggelar Workshop Pengisian Data Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) bagi dosen di lingkungan kampus swasta terpandang di Bengkulu ini.

Bertempat di aula lantai 6 Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus IV UMB, workshop ini dibuka langsung secara resmi oleh Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA.

Pantauan Pedoman Bengkulu, workshop yang dimulai pada pukul 09.30 WIB pada hari Rabu (11/04/2018) ini diikuti oleh sekitar 150 orang peserta, dan yang bertindak selaku narasumber adalah Ir Ririn Harini MP dan Bapak Hari yang di moderatori oleh Dr Rifa’i MPd.

Rektor UMB saat wawancarai oleh media mengatakan bahwa workshop ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai penjelasan teknis dalam pengisian Data SISTER.

Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA, saat memberikan pengarahan.

Ia juga mengatakan kedepannya SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen.

Menurutnya, setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung.

Oleh sebab itu seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan.

“Melalui SISTER inilah setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya,” ujarnya.

Para peserta tampak khusyuk memperhatikan pemaparan dari narasumber.

Mengakhiri keterangannya, Ahmad Dasan berharap semoga SISTER ini mampu memberikan peta kualitas para dosen serta kualitas kelembagaan sehingga memudahkan Kemenristekdikti melakukan validasi. [Nurhas Bunaida]