Ilustrasi

SELUMA, PB – Meskipun 12 unit kapal berkapasitas 5 Gross Ton (GT) telah bersandar di pelabuhan pulau baii, namun, pembagian kepada Kelompok Nelayan Kabupaten Seluma batal dibagikan.

Kapal bantuan langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini batal dibagikan, setelah dinilai terdapat kekurangan spek dan diminta kembali memperbaiki oleh tim TP4D Kejaksaan Agung.

“Kita minta koperasi nelayan untuk bersabar dalam waktu dua minggu kedepan. Mengingat pihak ketiga masih melakukan perbaikan pada lantai kapal yang di duga tidak sesuai spek,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali, Selasa (15/05/2018).

Kata dia, pembatalan pembagian Kapal ini, merupakan arahan langsung dari TP4D Kejaksaan Agung, dalam penyerahan ke KKP pekan lalu. Sehingga, pihak ketiga harus melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada Kelompok penerima.

“Ini bantuan langsung dari KKP, kita hanya menyalurkan saja,” jelasnya.

Empat Koperasi nelayan yang menerima bantuan Kapal dari Kementerian Kelauatan dan Perikanan yakni Koperasi Agro Bahari, Nelayan Betutu Cuming, Rukun Pesisir dan Koperasi Serba Usahan Taruna Bahari. Keempat Koperasi Nelayan ini akan mendapatkan bantuan Kapal masing-masing tiga unit. [Sepriandi]