Prosesi wisuda periode I Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Utama STQ, Air Sebakul, Kamis (3/5/2018).
Dihadiri Staf Ahli Kapolri

Sebanyak 524 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mengikuti prosesi wisuda periode I Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Utama STQ, Air Sebakul, Kamis (3/5/2018).

Sebanyak 517 sarjana merupakan lulusan strata I dan 7 wisudawan merupakan lulusan Program Magister Pendidikan Biologi. Mereka terdiri dari 221 laki-laki dan 303 perempuan.

Rincian untuk Strata I terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 210 wisudawan, Fakultas Teknik 103 wisudawan, Fakultas Pertanian 20 wisudawan, Fakultas Agama Islam 12 wisudawan, Fikes 69 wisudawan, Fisip 16 wisudawan, Fakultas Ekonomi 68 wisudawan serta Fakultas Hukum 7 wisudawan.

Wisuda ini dihadiri oleh Staf Ahli bidang Manajemen Kapolri Irjen Anton Wahono Sudarminto. Mantan Kapolda Bangka Belitung ini turut menyampaikan kata sambutan.

Dalam sambutannya, Irjen Anton Wahono mengatakan bahwa perguruan tinggi memiliki peranan vital dalam menekan peningkatan gejala intoleransi, radikalisme dan lemahnya daya saing bangsa.

“Indonesia saat ini sudah memasuki iklim politik yang mana akan dilaksanakan Pilkada serantak pada tahun 2018 dan Pilpres 2019 nanti. Perguruan Tinggi mempunyai peran yang vital dalam membentuk karakter masyarakat melalui anak didiknya yang nantinya akan terlibat secara langsung dalam menentukan nasib bangsa ke depannya,” katanya dihadapan wisudawan.

Ketua Panitia Wisuda Dr Riva’i mengungkapkan, setelah lulus, tantangan yang akan dihadapi oleh wisudawan lebih besar. Ia berharap wisudawan dapat terus berperan aktif memajukan UMB dalam forum alumni.

UMB juga menghaturkan rasa terimakasih dan selamat kepada para orang tua mahasiswa yang putra dan putrinya telah diwisuda. UMB berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan agar kampus swasta terbesar di Bengkulu kian berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Tiga lulusan terbaik UMB dalam wisuda periode I Tahun Akademik 2018/2019.

Tiga orang lulusan terbaik dalam wisuda kali ini adalah Yuza Virginiawan Guntara dari program studi (prodi) Teknik Informatika. Pria kelahiran Bengkulu 5 September 1996 ini lulus dengan IPK sebesar 3,90.

Lulusan terbaik kedua adalah Hesty Oktaviani dari prodi Pendidikan Bilogi. Perempuan kelahiran Muara Aman pada 27 Oktober 1995 ini lulus dengan IPK 3,89. Terakhir Wanti Purwasi dari prodi Pendidikan Ekonomi. Perempuan kelahiran Sukaraja pada 10 Oktober 1996 ini lulus dengan IPK 3.87.

Rektor UMB Dr Ahmad Dasan SH MH juga memberikan pidato iftitah dalam prosesi wisuda ini. Acara juga diisi dengan orasi ilmiah oleh Koordinator Kopertis Wilayah II Prof Dr H Slamet Widodo MAP dan prosesi penerimaan kembali dosen yang telah menyelesaikan studi Srata III. [Agung Broto]