Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Marah Halim

SELUMA, PB – Hingga saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, masih menunggu proses pengadaan benih jagung di dinas Pertanian provinsi. Bantuan dari Kementerian tersebut, sebanyak 89, 6 ton untuk 5973 hektare lahan.

“Saat ini masih proses pengadaan di provinsi karena bantuannya dalam bentuk benih,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Marah Halim, diruangan kerjanya, Rabu (09/05/2018).

Pihaknya kata dia, akan melakukan verifikasi ulang terhadap kelompok tani yang sebelumnya mengajukan usulan. Hal itu, untuk mengetahui, apa bila sudah ada petani yang telah lebih dulu menenam jenis tanaman lainnya, seperti kedelai dan padi.

“Kalau untuk bantuan padi dan kedelai, ditransfer langsung ke kelompok tani. Kelompok tani kemudian diarahkan membeli bibit yang sudah bekerjasama dengan dinas,” jelasnya.

Luas lahan sawah yang mengajukan permohonan bibit padi sebanyak 2.646 hektare atau 66,138 ton sedangkan untuk kedelai sebanyak 1571 hektare dengan bibit sebanyak 39,27 ton. Untuk jagung dan kedelai kata dia, juga akan menerima bantuan pupuk.

“Petani kita memang kurang berminat menanam kedelai. Memang kurang cocok. Makanya kita arahkan ke jagung,” tandasnya. [Sepriandi]