Manuel saat dirujuk menuju RSUD Tais, Rabu (16/5)

SELUMA, PB – Manuel Kaisar Hito warga Desa Tanah Abang Kecamatan Ilir Talo yang masih berumur 2 bulan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais oleh pihak Pukesmas Kecamatan Ilir Talo dikarenakan mengidap penyakit Gizi Buruk dan ganguan pernapasan.

Buah hati Pasangan Suami Istri (Pasutri) Agus Salim (47) dan ibu Desma (27), sudah mulai sakit semenjak tiga minggu yang lalu, sehingga pihak Pukesmas yang berkordinasi dengan kepala desa, kader posyandu dan bidan desa untuk merujuk ke RSUD Tais.

“kita ketahui sewaktu Manuel posyandu, melihat keadaannya yang kurus dan sesak napas, kami langsung berkordinasi dengan kades, bidan desa dan kader Posyandu untuk segera merujuk samuel ke RSUD,” Kata Kepala Pukesmas Kecamatan Ilir Talo, Arju Rahman kepada wartawan, Rabu (16/05/2018).

Arju menambahkan, berdasarkan keterangan dari Bidan desa, Manuel mengidap penyakit Inspeksi Saluran Perpasan (Ispa) Akut, dan gejala gizi buruk. kondisinya sudah memprihatinkan karena sesak napas, sedangkan waktu posyandu beratnya hanya 2.1 Kilo Gram, yang mana berat tidak sesuai dengan umur.

“Karena kondisinya sudah memprihatinkan jadi dirujuk ke rumah sakit, walaupun orang tuanya takut akan ada biaya yang besar, sehingga kami langsung buatkan kartu BPJS, alhamdulillah sudah selesai,” tambah Arju.

Sementara itu, Agus Salim ayah dari Manuel mengatakan, anaknya tersebut mulai sakit sekitar 3 minggu yang lalu, sesak napas dan kondisi badan yang kurus.
“Sudah 3 minggu sakit, yang parahnya beberapa hari ini, kalau setelah lahir belum ada gejala – gejala sakit,” tutupnya.

Diketahui, Manuel sudah di ronsen dan di periksa dokter, keterangannya Bronkopneumonia peradangan dinding bronkiolus (saluran napas kecil pada paru – paru) dan Gejala gizi buruk.

Namun hal ini akan dipastikan terlebih dahulu menunggu dokter spesialis anak. Pihak Puskesmas juga telah berkoordinasi ke Dinas Kesehatan Seluma. Agar kondisi Manuel dapat segera ditangani melalui portolongan medis. [Sepriandi]