Penyerahan bantuan saat Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial di Rumah Dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Jalan Widya Chandra III No 11 Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

JAKARTA, PB – Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial di Rumah Dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Jalan Widya Chandra III No 11 Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Keluarga Mendikbud Muhadjir Effendy bertindak sebagai tuan rumah.

Selain dihadiri oleh para alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di area Jabodetabek, Jajaran Pengurus Pusat (PP) KAUMY, ikut serta para Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pengurus Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Rawamangun, anak–anak yatim piatu, pengasuh dan pengurus dari Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Acara yang merupakan tahapan puncak dari kegiatan “KAUMY Peduli untuk Literasi”, sebuah kegiatan pengumpulan dana untuk pengadaan komputer dan akses internet bagi anak-anak yatim piatu di berbagai panti asuhan juga dimeriahkan oleh penulis populer dan pengusaha, Fahd Pahdepi, Sosiolog Seni dan Budaya, Abdullah Sumrahadi, dan Ustad Kasif Heer.

Acara ini dibuka pada Pukul 15.30 WIB dengan pembacaan ayat – ayat suci Al Qur’an dan sari tilawah serta penampilan pidato dari anak – anak Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun.

Ketua Panitia Kegiatan KAUMY Peduli untuk Literasi sekaligus Acara Buka Puasa Bersama KAUMY DKI, Muhammad Faris, dalam sambutannya melaporkan jumlah donasi yang berhasil dikumpulan dalam kegiatan ini yakni berjumlah Rp38.354.442 yang dikonversikan menjadi empat unit PC, dua Paket Layanan Akses Internet selama satu tahun dan Bantuan Dana Operasional sebesar Rp3.000.000.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan mendalam kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini khususnya kepada Keluarga Mendikbud Muhadjir Effendy yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam acara Buka Puasa Bersama sekaligus penyerahan donasi KAUMY Peduli untuk Literasi bagi Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Sementara itu dalam penyerahan donasi kepada pihak Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur sebagi penerima donasi KAUMY Peduli untuk Literasi, Suryan Widati Muhadjir selaku tuan rumah menyampaikan rasa terima kasih kepada KAUMY DKI Jakarta dan segenap undangan yang hadir karena telah memakmurkan suasana Ramadan tahun ini di kediamannya.

Ia juga menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan KAUMY Peduli untuk Literasi dan menitipkan pesan agar acara positif seperti ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan cakupan yang lebih luas di waktu mendatang.

Dalam kapasitasnya sebagai Penasihat Dharma Wanita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga membuka diri untuk bekerjasama kepada semua pihak dalam kegiatan-kegiatan serupa yang berorientasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Setelah penyerahan donasi, acara ini berlangsung dengan sangat meriah penuh aroma kekeluargaan saat Penulis Populer dan Pengusaha, Fahd Pahdepi dan Sosiolog Seni dan Budaya, Abdullah Sumrahadi memberikan motivasi untuk anak – anak yatim piatu Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun dan semua undangan yang hadir diselingi dengan berbagai permainan penuh doorprize dari tuan rumah dan KAUMY DKI Jakarta.

Dalam sesi motivasi yang diberikan, Sosiolog Seni dan Budaya, Abdullah Sumrahadi juga menawarkan dua Paket Beasiswa Kuliah Gratis di Universitas Krisnadwipayana untuk anak – anak yatim piatu di Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

“Kita akan memastikan kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan di masa yang akan datang karena animo dan response dari rekan – rekan alumni di KAUMY sangat besar sekali untuk aktif terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan seperti KAUMY Peduli untuk Literasi. Saat ini, kami di KAUMY DKI Jakarta sedang melakukan perumusan dan peyusunan perencanaan untuk sesegera mungkin dieksekusi sebagai tindak lanjut dari apa yang sudah dicapai dalam kegiatan KAUMY Peduli untuk Literasi,” Ujar Ketua Pengurus Daerah (PD) KAUMY DKI Jakarta, Nu’ man Iskandar.

Sementara itu Ketua PP KAUMY, Yogie Maharesi di sesi penutup kegiatan pasca sholat tarawih berjama’ah menyampaikan apresiasi yang sangat besar pada PD KAUMY DKI Jakarta dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat diikuti dan dilaksanakan juga oleh PD KAUMY lainnya di seluruh Indonesia karena hal ini adalah bentuk nyata dari sumbangsih dan pengabdian KAUMY terhadap masyarakat dan negara. [Rilis/Gayatri Sukarti]

Kata sambutan.
Penyerahan donasi.
Foto bersama.