Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliantor Harahap

BENGKULU UTARA, PB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) memberikan pernyataan tegas kepada Bupati Bengkulu Utara Ir Mian agar segera mencopot jabatan tiga Kepala Kadis (Kadis) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Ketua DPRD Bengkulu Utara, Aliantor Harahap, belum lama ini menyampaikan bahwa pihak DPRD BU sudah mengeluarkan surat rekomendasi untuk segera mencopot 3 Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Bengkulu Utara.

“Rekomendasi itu sifatnya bukan kepentingan pribadi dewan atau politik. Tetapi itu adalah suara rakyat. Makanya kita terus mendesak pemerintah daerah agar pejabat yang disebutkan segera dicopot,” tegas Aliantor.

Rekomendasi 7 Fraksi yaitu, Fraksi Golongan Karya, Nasional Demokrat, Gerindra, Partai Amanat Nasional, PKPI, Perjuangan Kebangkitan Nurani dan Merah Putih telah menandatangani pernyataan sikap tegas kepada Bupati Bengkulu Utara untuk mencopot atau mengganti tiga orang pejabat yakni, Kadis Pendidikan, Kadis PUPR dan Kadis BKP-SDM.

“Rekomendasi tersebut ada dasarnya dan tidak atas rasa senang atau tidak dalam memberikan keputusan dari masing-masing fraksi. Artinya, pernyataan tegas dari wakil rakyat di DPRD Bengkulu Utara tidak dapat ditawar-tawarkan lagi alias harga mati,” ujar Aliantor.

Ditambahkan Aliantor bahwa surat rekomendasi tersebut mempunyai kekuatan hukum dan diatur oleh Undang-undang termasuk dalam hal pengawasan. Seperti pernyataan yang sudah dituangkan dalam rekomendasi dari tujuh fraksi meminta kepada pihak pemerintah daerah, dalam hal bupati untuk mencopot tiga orang pejabat eselon II tersebut.

“Kita sudah menyampaikan secara lembaga kepada pihak pemerintah daerah. Jika rekomendasi itu tidak kunjung teraliasi, lembaga akan melalukan langkah berikutnya. Dewan tetap melakukan upaya agar ketiga pejabat itu dicopot,” kata Aliantor. [Adv/Evi Kusnandar]