Sebagai anak rantau, memasak menu buka puasa adalah salah satu pilihan terbaik untuk berhemat di bulan Ramadan.

Sayangnya, kebanyakan anak kost lebih memilih untuk berbuka puasa di tempat makan karena tak ingin repot-repot memasak. Padahal, nilai gizi dan kebersihannya belum tentu terjamin.

Anak rantau terbiasa mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, salah satunya menyiapkan menu buka puasa. Memang, memasak menu buka puasa bisa membuat tergiur dan ingin cepat-cepat berbuka. Namun, ketimbang membeli makanan di luar yang belum tentu terjamin nilai gizinya, ada baiknya contoh berbagai pilihan menu buka puasa sehat dan mudah dibuat oleh anak kost berikut ini.

1. Nasi goreng sayur

Semua orang tentu sudah sangat akrab dengan menu makanan yang satu ini. Ya, nasi goreng termasuk makanan favorit semua orang karena mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan.

Akan tetapi, tidak semua nasi goreng itu sehat. Kunci mendapatkan nilai gizi dari nasi goreng adalah dengan memilih isian yang sehat dan bergizi. Nah, agar lebih sehat dan lezat, tambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam nasi goreng buatan Anda, misalnya brokoli, sawi, atau kacang polong.

Jika menggunakan minyak kelapa saat membuat nasi goreng harap hati-hati dengan kandungan lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Pilihlah jenis minyak kelapa murni yang lebih sehat dan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, kekebalan tubuh, dan kesehatan otak.

Jangan lupa sajikan dengan telur (orak-arik, dadar, atau ceplok) untuk menambah asupan protein harian setelah seharian berpuasa. Jadi, sudah siap mencobanya hari ini?

2. Telur dadar bayam jamur

Semua anak kost-an tentu sepakat bahwa telur adalah salah satu makanan andalan selama di perantauan. Bagaimana tidak, bahan makanan yang satu ini sangat mudah diolah ke dalam berbagai sajian yang lezat dan menggugah selera.

Telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein, dan 5 gram lemak. Bila diperhatikan, telur tergolong rendah kalori dan tinggi protein yang sangat baik bagi orang yang sedang diet saat puasa. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa penangkal penyakit yang bisa membuat tubuh tetap segar meski sedang berpuasa.

Setiap orang pun bisa membuat sajian telur dadar isi bayam jamur sebagai menu buka puasa sehat hari ini. Ketika telur diolah dengan tambahan bayam dan jamur, sajian ini akan memberikan 240 kalori, 24 gram protein, bahkan memenuhi 74 persen kebutuhan vitamin A harian.

3. Steak tempe

Bosan dengan sajian tempe goreng yang itu-itu saja? Yuk, coba mengolahnya sedikit lebih mewah menjadi sajian steak ala anak kost!

Tempe merupakan makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, setiap dua potong tempe ukuran sedang (50 gram) mengandung 80 kalori, 6 gram protein, 3 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat.

Jika dilihat dari nilai gizinya, tempe memiliki kadar protein yang tinggi dan terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan produksi insulin. Ternyata, mengonsumsi dua potong tempe hampir sama seperti saat makan satu potong daging yang mengandung 95 kalori.

Agar tak kalah mewah seperti steak pada umumnya, lengkapi steak tempe dengan wortel, kentang, dan buncis yang dipotong memanjang dan direbus. Menu buka puasa sehat yang satu ini juga bisa membuat kenyang lebih lama.

4. Tumis kangkung

Salah satu menu buka puasa sehat ala kost yang bisa dicoba adalah tumis kangkung. Sayuran hijau yang satu ini banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Dalam satu porsi (100 gram) sayur kangkung mengandung 25 kalori, 1 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Kangkung juga memiliki sejumlah karoteinoid dan asam folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Dengan makan tumis kangkung saat berbuka puasa, akan terhindar dari gejala anemia yang mengganggu ibadah puasa.

5. Salad buah

Para ahli sepakat bahwa buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk mengatasi sejumlah penyakit. Kandungan air dan sehat pada buah-buahan dapat membantu melepaskan dahaga sekaligus mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

Maka itu, coba sajikan salad buah sebagai menu buka puasa sehat nan praktis ala anak kost-an. Cara membuatnya sangat mudah, kok. Hanya perlu menambahkan buah-buahan favorit ke dalam satu mangkuk dan tambahkan beberapa sendok yogurt supaya lebih sehat.

Mengapa harus yogurt? Yogurt mengandung probiotik alias bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan usus. Akibatnya, proses metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan membuat berat badan tak lekas naik saat berpuasa. [Eva De]