Plt Bupati Bengkulu Selatan dan rombongan melakukan kunjungan ke pabrik jagung Bima PT Hanjaya Mas di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (26/5/2018)

BENGKULU SELATAN, PB – Untuk mengatasi fluktuasi dan harga jagung yang tidak menentu di tingkat petani, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (Pemkab BS) akan menggandeng sebuah BUMN yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero).

“Untuk menjaga jagung ke depan maka kita kerja sama dgn PT. PPI, BUMN khusus di bidang perdagangan yangg akan memampung seluruh hasil panen kita,” sampai Plt Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan, Sabtu (26/5/2018).

Bukan hanya pemasaran, Pemkab juga berupaya menyediakan benih jagung yang berkwalitas.

Sehubungan dengan itu, Plt Bupati Bengkulu Selatan dan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bengkulu Selatan melakukan kunjungan ke pabrik jagung Bima PT Hanjaya Mas di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (26/5/2018).

Tambah Gusnan, pada tahun ini Kabupaten Bengkulu Selatan menargetkan 19 ribu Hektar program penanaman jagung di luar penanaman mandiri oleh masyarakat.

Penanaman jagung ini bekerjasama dengan berbagai pihak. Seperti Kementerian Pertanian dan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

Foto bersama

“PBNU memfasilitasi lewat group-group bisnisnya, mulai dari perbankan dan penyedia benih, juga pabrik-pabrik pakan ternak sebagai pembelinya. Bahkan pasar export kalau sudah memungkinkan,” beber Gusnan. [Apdian Utama]