Pemkab Rejang Lebong gelar sidak harga sembako, Rabu (9/5/2018)

REJANG LEBONG, PB – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari lintas sektor menggelar pengecekan harga kebutuhan pokok ke pasar-pasar menjelang bulan suci ramadan, Rabu (9/5/2018) pagi.

Diantaranya Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Polres Rejang Lebong, Asisten II Setdakab Rejang Lebong serta Bulog Divre Rejang Lebong.

Asisten II Setdakab Rejang Lebong, Benny Irawan menjelaskan, inti dari kegiatan sidak kali ini untuk mengecek tingkat harga kebutuhan pokok sekaligus ketersediaan barang dipasaran.

Dari hasil sidak yang dilaksanakan, diketahui bahwa untuk harga kebutuhan pokok cendrung stabil dibandingkan hari biasanya, belum ada perubahan yang signifikan, sedangkan untuk ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih cukup, kecuali stok cabai kriting dan bawang merah yang dinilai masih sangat kurang hingga menjelang ramadan.

“Kami melaksanakan sidak pasar untuk mengecek tingkat harga dan stok barang, semuanya masih dinilai normal, kecuali stok cabe dan bawang merah yang masih kurang,” ujar Benny Irawan selaku Asisten II Setdakab Rejang Lebong, Rabu (09/05/2018).

Menurutnya, kedepan pihaknya menggelar operasi pasar jika harga kebutuhan pokok dipasaran merangkak naik. Sedangkan untuk bahan kebutuhan pokok yang masih kurang, akan diupayakan untuk memasok dari luar, agar tidak terjadinya inflasi.

“Tindak lanjut dari kegiatan hari ini yaitu melihat harga kebutuhan pokok, jika harga melonjak dan cendrung tidak stabil, maka akan kita gelar operasi pasar nantinya,” pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Bulog Sub-divre Rejang Lebong, Rudi Adlin menjelaskan, untuk stok beras masih tersedia 2.000 ton bahkan ada penambahan 2.000 ton lagi yang sedang dalam proses distribusi. Sedangkan untuk stok daging beku masih terdapat 3,6 ton yang dimana daging beku tersebut dijual dengan harga Rp80.000 per-Kg.

“Untuk stok beras dan daging kita menjelang bulan ramadhan masih cukup aman,” pungkas Rudi. [Benny Septiadi]