BENGKULU, PB – Selasa (22/5/2018), Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu nomor urut tiga Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi yang diwakili Fitriansyah dan Aprinaldi, memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Bengkulu.

Pemenuhan panggilan ini terkait laporan Deden Abdul Hakim, tim Paslon Linda-Mirza, yang sebelumnya melaporkan ketidakhadiran Helmi Hasan dalam debat kandidat pada 9 Mei 2018 yang lalu.

“Pada pemeriksaan tersebut terungkap bahwa laporan deden abdul hakim tersebut sudah daluwarsa,” kata Ketua Tim Hukum (Timhum) Paslon Helmi-Dedy, Agustam Rachman.

Dasar bahwa laporan Deden tersebut daluwarsa adalah mengacu pada Perbawaslu 14 tahun 2017 Pasal 7 ayat (1) yang berbunyi dugaan pelanggaran dilaporkan kepada Panwas paling lama tujuh hari sejak ditemukan dugaan pelanggaran/diketahui.

“Seperti diketahui bahwa debat kedua yang tidak dihadiri Helmi Hasan itu dilaksanakan tanggal 9 Mei 2018,” ujarnya.

Sementara Deden Abdul Hakim yang juga hadir saat debat kedua melapor ke Panwas pada hari Sabtu tanggal 19 Mei 2018 atau 10 hari sejak debat kedua.

“Artinya laporan tersebut tidak memenuhi ketentuan Perbawaslu 14 tahun 2017 Pasal 7 ayat 1 diatas. Oleh karenanya menurut tim hukum HD laporan Deden Abdul Hakim tersebut sudah daluwarsa,” tutupnya. [Deni Dwi Cahya]