Pelantikan anggota KPU dari 16 provinsi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (24/5)

JAKARTA, PB – Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) melantik 86 anggota KPU periode 2018-2023 dari 16 provinsi di Indonesia. Termasuk lima komisioner KPU Provinsi Bengkulu.

Pelantikan digelar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (24/5).

Adapun Lima komisoner KPUD Provinsi Bengkulu yang dilantik adalah Irwan Saputra, Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Arief Budiman berharap anggota KPU yang baru dilantik bisa saling mengenal satu sama lain serta saling bekerjasama. Ia juga mengatakan anggota KPU harus memegang 2 prinsip yakni transparansi dan integritas.

“Setidaknya 2 hal dipegang erat, tranparansi dan intergritas karena hanya dengan 2 cara ini kita bisa bikin pemilu kita berkualitas. Setidaknya 2 cara ini yang paling penting. Pemilu akan berkualitas dan kepercayaan publik akan tumbuh pada penyelenggara pemilu dan proses pemilunya,” ujarnya.

KPU RI lantik anggota KPU Provinsi

Adapun anggota KPU yang dilantik dari 16 provinsi di Indonesia meliputi Sumatra Barat (5 orang), Kepulauan Riau (5 orang), Kepulauan Bangka Belitung (5 orang), Bengkulu (5 orang), Banten (7 orang), DKI Jakarta (7 orang), Kalimantan Barat (5 orang), Kalimantan Tengah (5 orang), Kalimantan Selatan (5 orang), Sulawesi Utara (5 orang), Sulawesi Barat (5 orang), Sulawesi Tengah (5 orang), Sulawesi Tenggara (5 orang), Sulawesi Selatan (7 orang), Gorontalo (5 orang).

Setelah melalui proses musyarawah mufakat antar komisioner KPU Provinsi, Irwan Saputra kembali dipercaya untuk menjadi Ketua. Berikutnya Darlinsyah sebagai Divisi SDM dan Sosialisasi, Eko Sugianto sebagai Divisi Hukum dan Pengawasan, Siti Baroroh sebagai Divisi Perencanaan dan Data, serta Emex Verzoni sebagai Divisi Teknis Penyelenggara. [Zie Kausna]