Tingkat literasi anak bangsa hingga saat ini masih berada di bawah level negara–negara tetangga serumpun seperti Singapura dan Malaysia adalah sebuah pemasalahan yang membutuhkan langkah real dan konkrit agar tidak bertransformasi menjadi masalah yang lebih kompleks di masa depan karena tingkat literasi adalah salah satu pondasi awal paling fundamenal dalam pembangunan dan pembentukan karakter dan masa depan bangsa.

Oleh karena itu, Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai sebuah organisasi kealumnian dari sebuah lembaga pendidikan menginisiasi sebuah kegiatan pengumpulan dana untuk pengadaan komputer dan akses internet bagi anak–anak yatim piatu di berbagai panti asuhan sebagai sebuah bentuk nyata dari upaya untuk membangun dan meningkatkan akses literasi kepada semua pihak khusunya anak – anak dan remaja di Indonesia.

Kegiatan ini diberi nama “KAUMY Peduli untuk Literasi”.

Menurut Ketua PD KAUMY DKI Jakarta, Nu’man Iskandar yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan, Tingkat Literasi yang rendah dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor utama, pertama, minat yang rendah terhadap literasi dan kedua akses literasi yang terbatas.

Untuk tahap awal ini, KAUMY DKI mencoba untuk berperan aktif dalam perluasan akses terhadap literasi dengan cara pengadaan komputer dan akses internet yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai pintu akses ke literasi digital. Hal inilah yang menjadi dasar bagi kami untuk membuat kegiatan KAUMY Peduli untuk Literasi.

Setelah melalui berbagai kajian dan pertimbangan maka disepakati bersama untuk tahap awal ini, KAUMY Peduli untuk Literasi menargetkan untuk bisa menggalanng donasi untuk pengadaan 4 (Empat) unit komputer dan 2 (Dua) paket layanan akses internet yang selanjutnya akan diberikan kepada Panti Asuhan Muhammadiyah Santunan Keluarga Rawamangun dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Rawamangun.

Penggalangan donasi dilaksanakan dari tanggal 01 hingga tanggal 20 Mei 2018. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan dan menjaga transparansi serta mempermudah proses akuntabilitas maka disepakati bahwa donasi hanya akan dilakukan melalui proses transfer ke Rekening BNI Nomor 0228396742 atas nama Muhammad Faris sebagai satu–satunya rekening tunggal donasi.

Hasil dari penggalangan donasi akan diserahkan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Santunan Keluarga Rawamangun dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Rawamangun dalam sebuah acara buka puasa bersama yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2018.

“Alhamdulillah, kegiatan ini telah mendapat response dan dukungan posiif dari beberapa penulis dan penggiat literasi Indonesia seperti Fahd Pahepie dan Abdullah S. Murti, selanjutnya kami sangat berharap agar kiranya semua pihak dapat bergabung dalam jihad literasi yang kami laksanakan ini. InsyaAllah, donasi yang kita berikan akan menjadi amal jariyah yang amalnya tak akan putus selama anak–anak yatim masih bisa mengakses literasi dari donasi yang kita berikan. Untuk mempercepat akselerasi pengalangan dana, kami telah membuat paket donasi Rp 100.000 agar semua pihak dapat berpartisipasi secara maksimal,” ujar Muhammad Faris, Ketua Panitia KAUMY Peduli untuk Literasi.

Bagi pihak–pihak yang membutuhkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan KAUMY Peduli untuk Literasi dapat menghubungi kontak–kontak ini Muhammad Faris di nomor 085792114339, Nurul Faizatun Nikmah di nomor 085729044026, Andoyo di nomor 085293000118, Dedi Siswoyo di nomor 0813-1638-3980, Nu’man Iskandar di nomor 08157976316 dan Ucok Ritonga di nomor 08111818777. [Rilis/Gayatri Sukarti]