Penyuluhan Bahasa Indonesia Bagi Insan Media Masa se Kota Bengkulu di Aula LPMP Kantor Bahasa Bengkulu, Kamis (3/5/2018).

BENGKULU, PB – Kepala Balai Bahasa Indonesia Bengkulu Karyono menyampaikan bahwa adanya penyuluhan bahasa Indonesia bagi wartawan sangat berguna dalam pemberitaan.

Bahkan, kata dia, penyuluhan itu berdampak bagi kecerdasan dan kualitas jurnalistik.

Hal ini dia sampaikan saat gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia Bagi Insan Media Masa se Kota Bengkulu di Aula LPMP Kantor Bahasa Bengkulu, Kamis (3/5/2018).

“Penyuluhan bahasa dapat meningkatkan pemberitaan yang di sajikan jurnalistik dalam sistem pembahasaannya,” kata Karyono.

Dijelaskan bahwa dengan mewujudkan insan media massa yang paham akan kaidah perbahasaan, sangat berpengaruh kepada penilaian kualitas sebuah media.

“Adanya penyuluhan bahasa Indonesia, supaya dapat menyegarkan insan media dalam pembahasaan berita agar mudah dipahami,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PWI Benglulu Zacky Antoni mengungkapkan, penggunaan bahasa Indonesia yang baik adalah gampang dan mudah dimengerti sehingga dapat meningkatkan kualitas wartawan dengan penulisan menggunakan ejaan dan kaidah bahasa Indonesia secara tepat.

“Penulisan bahasa yang baik dengan menggunakan ejaan kata yang baik, serta mudah dipahami dapat meningkatkan kualitas jurnalistik,” ucapnya.

Pantauan Pedoman Bengkulu, penyuluhan ini menghadirkan Ketua Pesatuan Wartawan Provinsi Bengkulu Zacky Antoni, Kepala Balai Bahasa Bengkulu Karyono dan diikuti sekitar 30 orang wartawan se Kota Bengkulu.

Ada tiga narasumber. Karyono mengupas tentang kebijakan bahasa, Halimi Hadibrata mengupas tentang pengetahuan kebahasaan dan Agus Trianto yang mengupas tentang bahasa jurnalistik. [Ardiyanto]