Perumahan Lestari Permai di Desa Teladan, Curup Selatan

REJANG LEBONG, PB – Ribuan warga atau sekira 500 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Rejang Lebong sejak satu tahun terakhir masih kesulitan mendapatkan akses air bersih.

Hal ini diungkapkan salah satu direktur PT Perumahan Bina Keluarga, Royhan yang setahun terakhir mengembangkan kawasan perumahan Lestari Permai di Desa Teladan, Curup Selatan

“Sudah 1 tahun lalu kita mengajukan permohonan pemasangan aliran air ke PDAM, pada waktu direktur terdahulu sampai sekarang direktur yang baru belum juga dipasang. Padahal programnya bagus, tiap rumah di Rejang Lebong harus sudah teraliri air bersih,” ungkap Royhan, Rabu (09/05/2018).

Telah berulang kali, warga mendatangi PDAM untuk mempertanyakan kejelasan permohonan pemasangan aliran air, namun belum membuahkan hasil dengan dalih sumber mata air yang cukup jauh, membuat elevasi air tak mampu mendorong debit air untuk mengalir ke rumah-rumah kawasan tersebut.

Sehingga warga terpaksa menumpang di rumah-rumah warga yang tak jauh untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sebelum ada aliran air, warga terpaksa numpang kerumah warga yang memiliki sumur dan punya debit air yang cukup. Ada satu sumur warga memenuhi kebutuhan air 5-10 KK dan jika musim kemarau air tidak cukup,” tambahnya.

Warga berharap, kiranya PDAM dapat memberikan solusi kongkrit atas kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Kita berharap, PDAM selaku Perusahaan Daerah dengan Direktur yang baru dapat merealisasikan programnya, untuk memenuhi kebutuhan air setiap warga yang membutuhkan, khususnya wilayah Rejang Lebong yang sulit mendapatkan air bersih,” tandasnya. [Benny Septiadi]