SARIAWAN di lidah bisa terasa begitu menyiksa dan mengganggu. Makan atau bicara jadi susah. Namun, tak perlu khawatir karena biasanya sariawan akan hilang sendiri dalam waktu satu sampai dua minggu.

Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan di lidah, ada berbagai cara yang bisa ditempuh. Mulai dari obat dan salep dari apotek hingga obat-obatan alami yang ada di dapur. Dilansir dari Hello Sehat, ini dia lima cara cepat mengusir sariawan yang membandel.

1. Obat kortikosteroid untuk sariawan di lidah

Sariawan di lidah biasanya muncul di pinggir atau di balik lidah. Peradangan ini tentu membuat jadi susah mengunyah atau berbicara. Selain itu, sariawan di lidah juga terasa nyeri. Maka, bisa pakai obat kortikosteroid yang bisa melawan peradangan dan meredakan nyeri. Biasanya obat kortikosteroid untuk sariawan tersedia dalam bentuk salep mulut, obat kumur, atau obat minum.

2. Kumur air garam

Garam dapur bisa jadi penyelamat saat muncul sariawan yang membandel di lidah. Untuk mengobati sariawan di lidah, campurkan satu setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Kumur mulut, terutama bagian lidah yang sariawan, dengan air garam tersebut selama 1-2 menit.

Berkumurlah air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang. Jika larutannya terasa pedih, tambahkan air hangat. Pastikan membuang air garam setelah berkumur, jangan ditelan.

3. Lidah buaya

Satu sariawan saja bisa membuat seluruh mulut terasa tak nyaman dan panas. Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

4. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh,  lakukan kompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

5. Teh celup

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Selain itu, teh juga mengandung alkali yang bisa menetralkan asam di mulut yang bisa membuat sariawan terasa perih.

Jadi, jangan buang kantong teh celup setelah diseduh. Kompres sariawan di lidah dengan kantong teh celup yang sudah diseduh selama kira-kira 5 menit. Ulangi selama beberapa kali sehari sampai sariawan mereda. [Eva De]