SELUMA, PB – Modus penipuan menggunakan nomor telpon baru mengatasnamakan Pejabat dan Penegak Hukum sedang marak terjadi di Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Marah Halim, sempat ditelpon beberapa orang kepala desa karena sejumlah Kades ditelpon orang yang mengatasnamakan dirinya untuk menyiapkan sejumlah uang untuk keperluan pengurusan bantuan dari pemerintah pusat.

“Nomornya sama dengan nomor yang mengaku sebagai Kapolsek SAM kemarin,” kata Marah Halim.

Menurutnya, telah ada beberapa orang kepala desa dan ketua Kelompok tani menghubungi, bahkan datang ke kantor dinas Pertanian. Untuk mempertanyakan kejelasan prihal bantuan tersebut.

“Saya katakan, Kita akan surati secara resmi, jika benar ada bantuan, itu ada prosesnya. Tidak mungkin langsung saja. Kita minta kepada kepala desa, dan kelompok tani tidak terpengaruh dengan ada yang mengaku atasnama kepala dinas Pertanian,” tegasnya.

Baru-baru ini, juga ada oknum yang mengatasnamakan Kepala Kejari dan Kasi Intel Kejari Seluma untuk meminta sejumlah uang.

“Kita minta agar siapapun yang menerima untuk jangan sampai percaya. Karena itu tidak benar yang membawa nama-nama atasnama kejaksaan, kajari atau kasi intel,” kata Kasi Intel Kejari Seluma Citra Apriyadi.

Citra berharap, tidak ada korban terhadap modus penipuan tersebut.

Diketahui, sebelumnya telah ada korban penipuan dari modus yang sama mengatasnamakan Kapolsek SAM. Namun, hingga saat ini, diduga pelaku belum berhasil diamankan petugas. [Sepriandi]