Para penyelenggara fit and proper test calon anggota KPU Kabupaten/Kota saat memberikan keterangan kepada pers di Grage Hotel Bengkulu, Sabtu (2/6/2018).

BENGKULU, PB – Sebanyak 48 orang calon Anggota Komisi Pemilhan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) K, di Grage Hotel Bengkulu, Sabtu (2/6/2018).

Dalam kegiatan ini seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 24 orang dari empat kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dan turut hadir Ilham Saputra dan Hasyim Asy’ari dari KPU RI.

Peserta fit and proper test ini adalah peserta dari delapan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dan dua kabupaten lain yang tidak ikut adalah Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan. Dari masing-masing kabupaten ada enam peserta yang selanjutnya akan dipilih tiga orang terbaik.

Diungkapkan oleh Irwan Saputra bahwa dalam Fit and Proper Test ini akan memilih orang-orang terbaik untuk menyelenggarakan pemilu di Kota Bengkulu.

“Yang kita ujikan ya tentang indepedensi, kewarganegaraan, integritas, teknik-teknik pemiluan, dasar-dasarnya dan mungkin ada aduan dari masyarakat yang akan kita konfrontir, tentu harapan kita yang terpilih adalah orang-orang yang baik, punya integritas dan profesional dalam menyelenggarkan pemilu di Bengkulu terutama di Kota Bengkulu agar bisa berjalan dengan baik,” kata Irwan.

Sarjan Efendi

Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 23 Juni dan akan dilanjutkan tanggal 24 Juni 2018 dengan pelantikan.

Di sisi lain, Sarjan Efendi yang merupakan salah satu peserta dari Kabupeten Seluma saat ditemui Pedoman Bengkulu mengungkapkan bahwa pihaknya belum tahu siapa yang akan mewawancarai dan apa yang akan ditanyakan oleh panitia saat di dalam ruangan.

“Waktu untuk satu orang sekitar 30 menit, kita belum tahu apa yang akan ditanyakan nanti, apakah tentang teknis atau hal-hal mendasar lainnya yang penting kita berusaha, berdoa dan bertawakal,” tutupnya. [Deni Dwi Cahya]

Berikut 48 calon yang mengikuti fit and proper:
1. Kabupaten Bengkulu Tengah: Brotoseno, Haidir S.P, Ir H. Mulyadi, Melky Helmansyah, Riyanto dan Suparman, S.Pd, M.Pd

2. Kabupaten Bengkulu Utara: Andi Perwira, S.Kep, Bejo, S.Pt, Eriy Wiandi, S.T, Joniadi, S.P.,M.Si, Ramadiandri, dan Roges Mawansyah.

3. Kabupaten Seluma: Dadi Sukadi, Edi Anzori, Hendri Arianda, S.P, Maryono, S.P.,M,Si., Nazirwan, S.Sos. dan Sarjan Efendi, S.E.,

4. Kabupaten Kepahyang: Helmiyesi, M.Si., Ikrok, Mirzan Pranoto H, Supran Efensi, S.Sos., Syamsul Komar, S.P., dan Umardani, S.Pd.

5.Kabupaten Muko-muko: Dawud, S.Ag., Dedi Desponsori, S.Hi., Dolly Belta Hermawan, S.H.,S.St., Irsyad, Mansyur S,S.Sos, dan Misbahul Amri, S.Hi.,

6.Kota Bengkulu: Anggi Stephensent, S.Pd., Antoni Wijaya, Deby Harianto, S.Sos., Wartawansyah, S.E., M.Si., Wahyu Handono, S.Ip.,M.Si. dan Zaini,S.Ag.,

7.Kabupaten Rejang Lebong: Faham Syah, M.Pd.I., Lusiana,S.Pd.I., Nofi Haryanto., S.Pdi., Restu S Wiboso, S.Sos., Ujang Maman, dan Visco Putra Alexsander, S.Ip., M.Si.

8.Kabupaten Lebong: Devi Irawan, S.H., Evan Lavendes, A.Mp., Salahuddin Al Khidir, S.E., Yayan Hardian, S.Ip., Yoki Setiawa., S.Sos., dan Yunita Fitri Yanti, M.Pd.