Selain melepas rindu bersama dan silaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman, mudik lebaran juga merupakan waktu yang tepat untuk berlibur. Suasana yang penuh dengan keakraban membuat liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Bagi Anda yang memiliki kampung di Provonsi Jambi, mudik lebaran ke Jambi tahun ini akan semakin berwarna. Pasalnya, kini banyak wisata baru di sana yang patut untuk Anda kunjungi.

Mudik lebaran bersama sang buah hati pun tidak perlu risau karena Jambi memiliki banyak tempat wisata yang aman, nyaman, dan sesuai dengan umur sang anak. Bahkan juga dapat memberikan wawasan baru bagi sang anak. Berikut delapan tempat wisata di Jambi yang baik untuk sang buah hati.

Foto Yopie Pangkey
  1. Candi Muaro Jambi

 Tidak ada salahnya mengenalkan anak dengan sejarah kampung halaman orang tuanya sejak dini. Berada di bawah pengaruh Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu membuat Jambi memiliki berbagai candi yang telah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Candi Muaro Jambi salah satunya.

Candi Muaro Jambi merupakan komplek candi Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. Komplek percandian ini terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Berbeda dari Candi Borobudur yang menggunakan bebatuan andesit yang berasal dari erupsi vulkanik, Candi Muaro Jambi terbuat dari bebatuan bata merah yang terawat baik. Anda juga dapat menemukan parit-parit atau kanal-kanal buatan, kolam-kolam penampungan air, dan gundukan-gundukan tanah yang masih berisi struktur bata merah.

Foto Lucky Pramitha
  1. Taman Anggrek Sri Soedewi

 Taman ini terletak di depan Kantor Gubernur Jambi. Selain anak-anak, tentu sang Ibu juga akan betah berlama-lama di taman ini karena hiasan bunga yang tertata cantik. Taman ini menjadi tempat yang sempurna untuk memperkenalkan budidaya tanaman hias kepada anak Anda. Selain diajarkan bagaimana cara menanam dan merawat tanaman anggrek dengan baik, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan bibit anggrek secara gratis.

Foto limakaki.com
  1. Taman Mini Jambi

 Tempat wisata ini menawarkan berbagai sarana yang menarik untuk keluarga, seperti tempat olahraga, wahana rekreasi, dan wisata budaya. Terletak di Jalan Sunaryo, tidak jauh dari bandara Sultan Thaha, Taman Mini Jambi menawarkan pengalaman yang dapat memperkaya wawasan adat istiadat dan kebudayaan Jambi kepada anak Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai replika rumah-rumah adat khas setiap kabupaten yang ada di Jambi.

Foto www.yukpegi.com
  1. Taman Rimba Jambi

Tidak jauh dari Taman Mini Jambi, terdapat Taman Rimba Jambi, yaitu kebun binatang yang menyimpan berbagai fauna eksotis. Anda dapat menemukan gajah sumatera, harimau sumatera, tapir, burung merak hijau, dan fauna endemik Sumatera lainnya. Anda juga dapat menunggangi kuda dan gajah yang disediakan oleh kebun binatang ini.

Salah satu wahana yang paling menarik dalam kebun binatang ini adalah sangkar burung berbentuk kubah dengan ukuran raksasa guna menyesuaikan dengan habitat asli dari burung-burung yang tinggal di dalamnya.

Foto ksmtour.com
  1. Museum Negeri Jambi

Museum adalah destinasi wajib bagi buah hati. Selain untuk memperkaya pengetahuan, museum juga menyimpan berbagai koleksi menarik yang membuat sang buah hati dapat mencintai budaya lokalnya sendiri.

Terletak di Jalan Urip Sumoharjo, museum ini memamerkan berbagai koleksi sarat akan budaya khas Jambi, seperti alat-alat kesenian, anyaman-anyaman, batik motif khas Jambi, serta peralatan-peralatan berburu kuno.

Foto youtube.com
  1. Kolam renang Tepian Rajo

Jambi patut berbangga hati karena memiliki kolam renang dengan standar internasional. Terletak di Jalan Kapten Sujono, Kecamatan Kota Baru, kolam renang ini berukuran cukup luas yaitu 20 x 50 meter persegi. Tidak perlu khawatir karena kolam renang Tepian Rajo memiliki dua jenis kolam, yaitu untuk dewasa dan untuk anak-anak sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak Anda.

Foto nuansajambi.com
  1. Masjid Agung Al Falah

 Terletak di Jalan Sultan Thaha No. 60, Kecamatan Telanaipura, Mesjid Agung Al Falah menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Masjid yang dikenal sebagai masjid seribu tiang ini dibangun pada tahun 1971 hingga tahun 1980.

Dijuluki sebagai masjid seribu tiang karena masjid ini menggunakan tiang-tiang sebagai pengganti dinding, sehingga memiliki memiliki desain interior yang sangat menarik. Bahkan pada malam hari interior masjid ini tampak seperti seni instalasi Urban Light di Los Angeles karena tata cahayanya yang megah.

Foto nuansajambi.com
  1. Kampung Raja

Kampung Raja adalah tempat wisata yang menyediakan berbagai macam wahana bermain yang cocok untuk keluarga,. Sedikitnya terdapat 16 wahana bermain seperti sirkuit go-kart, water park, outbound park, istana balon, bus tur, dan masih banyak lagi.

Terletak di Jalan Lingkar Barat No. 108, Simpang Rimbo, Kampung Raja tidak hanya menyediakan wahana yang cocok untuk sang buah hati, tetapi juga untuk para orang tua. Contohnya seperti kolam pemancingan, flying fox dengan berbagai level, dan paint ball.

Destinasi-destinasi menarik di atas semakin membuat Anda rindu kampung halaman, bukan? Tidak perlu khawatir, karena kini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau, salah satunya Sriwijaya Air.

Pembelian tiket pun dapat Anda lakukan lebih mudah, cepat, dan aman karena kini banyak website dan aplikasi penjual tiket dengan harga terjangkau dan aman. Jadi tunggu apa lagi? Kampung halaman Anda kini telah memanggil Anda. [**]