Neymar

Brasil gagal meraih kemenangan pada laga perdananya di Piala Dunia 2018 . Menghadapi Swiss di Grup E, Selecao ditahan imbang 1-1.

Sesuai prediksi, Brasil cukup kesulitan menghadapi Swiss di Rostov Arena, Rostov-on-Don, Senin (18/6/2018) dini hari WIB. Meski begitu, Brasil bisa unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol indah Philippe Coutinho.

Tapi Swiss bisa membalas di awal babak kedua. Tandukan Steven Zuber di menit ke-50 mengubah skor menjadi 1-1, yang tidak bisa dibalas Brasil hingga laga tuntas.

Hasil ini membuat Brasil harus puas meraih satu poin di laga perdana Grup E, yang dikuasai Serbia berkat kemenangan 1-0 atas Kosta Rika sebelumnya.

Hasil imbang yang diperoleh Brasil saat jumpa Swiss ternyata tidak sepenuhnya bisa diterima Neymar. Bintang Tim Samba itu menuding wasit Cesar Ramos asal Meksiko telah membantu Swiss untuk terhindar dari kekalahan pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2018.

Brasil unggul lebih dulu lewat Philippe Coutinho di menit 20. Namun di babak kedua atau tepatnya menit 50, Swiss bisa menyamakan kedudukan melalui Steven Zuber.

Nah gol inilah yang dinilai Neymar tidak masuk akal. Sebab, sebelum gawang Brasil yang dikawal Alisson Becker koyak terjadi pelanggaran terhadap Miranda. Neymar menuding Zuber mendorong Miranda sebelum menanduk bola ke gawang.

Pelatih Brasil, Tite pun tak puas dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol tersebut. Neymar mengamini pendapat Tite sambil mengatakan kalau hal tersebut sangat busuk.

“Ketika Anda lihat momen tersebut dalam tayangan ulang, orang melakukan selebrasi….saya melihatnya lagi tapi saya tak membahas soal tersebut. Bagaimana cara empat orang profesional (wasit dan para asisten),” katanya dikutip Soccerway.

“Kami tidak pantas mengakhiri pertandingan ini dengan hasil imbang. Tapi kami bisa berkembang, kami bisa bermain lebih baik. Tapi sekali lagi menunjukkan kalau pertandingan itu tidak mudah,” lanjutnya.

Susunan Pemain
Brasil: Alisson Becker, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Paulinho (Renato Augusto 67′), Casemiro (Fernandinho 60′), Philippe Coutinho, Willian, Neymar, Gabriel Jesus (Roberto Firmino 79′)

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schaer, Stephan Lichtsteiner (Michael Lang 87′) Granit Xhaka, Valon Behrami (Denis Zakaria 71′), Steven Zuber, Blrerim Demaili, Xhredan Shaqiri, Haris Seferovic (Embolo 80′).

Selanjutnya Brasil akan menghadapi Kosta Rika di Krestovsky Stadium, Saint-Petersburg, Jumat (22/6), sementara Swiss menghadapi Serbia di Kaliningrad Stadium. [Zie Khausna]