Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Calon Anggota DPD Republik Indonesia Dapil Provinsi Bengkulu Dalam Pemilu 2019 di Hotel Nala Sea Side, Selasa (26/6/2018).

BENGKULU, PB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Dapil Provinsi Bengkulu Dalam Pemilu 2019 di Hotel Nala Sea Side, Selasa (26/6/2018).

Rapat pleno terbuka tersebut mempedomani ketentuan Pasal 39 ayat (1) dan Pasal 40 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah dan sesuai dengan surat KPU no 809/PL.01.1-und/17/Prov/V1/2018.

Pada acara ini Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra memaparkan bahwa akan diperlihatkan siapa calon-calon yang masih memiliki kekurangan syarat dukungan.

“Nanti akan terlihat mana calon-calon yang memiliki kekurangan. Kita sama-sama akan menyaksikan diproyeksi,” ujar Irwan.

Nantinya, di akhir acara rapat pleno juga akan dilakukan sosialisasi pencalonan anggota DPD RI.

“Bagi yang ingin menjadi peserta pemilu diwajibkan untuk mendaftarkan diri. Sedangkan untuk calon anggota DPD pendaftarannya hanya tiga hari, nanti kami akan umumkan waktu dan tempatnya,” ujarnya.

Dalam berjalannya acara, pelaksanaan rapat pleno dipimpin langsung oleh Eko Sugianto selaku Koordinator Divisi Hukum KPU Provinsi Bengkulu.

Dari rapat pleno terbuka tersebut didapati dari 14 calon anggota DPD RI yang mendaftar terdapat enam bakal calon yang sudah memenuhi syarat. Sementara delapan lainnya dinyatakan belum memenuhi syarat.

Untuk balon DPD RI yang sudah memenuhi syarat diwajibkan untuk melakukan pendaftaran pada 2 Juli sampai 11 Juli 2018.

“Pendaftaran anggota DPD akan dimulai pada tanggal 9 Juli sampai 11 Juli 2018, kami akan melayani mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, sedangkan khusus tanggal 11 Juli, kami akan menutup pendaftaran pukul 20.00 WIB,” ujar pimpinan rapat.

Sedangkan untuk balon yang belum memenuhi syarat diharapkan bisa melengkapi syarat hingga tanggal 9 Juli mendatang.

“Dalam waktu singkat tersebut, hanya kurang lebih dua minggu ini mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkasnya. [Deni Dwi Cahya]

Berikut Balon DPD RI yang telah memenuhi syarat:

1. Riri Damayanti John K. Latief
2. Eni Khairani
3. Fatrolazi
4. Sultan B Najamudin
5. Abdul Kharis Ma’mun
6. Ahmad Kanedi

Berikut nama Balon DPD RI yang diverifikasi secara faktual:

1. Riri Damayanti John K. Latief
2. Barlian
3. Abdul Haris Ma’mun
4. Eni Khairani
5. Elfi Hamidy
6. Ahmad Kanedi
7. Abdul Rauf Tika
8. Fatrolazi
9. Hermen Malik
10. Cupli Risman
11. Heri Budianto
12. Emilia Puspita
13. Sultan B Najamudin
14. Adri Liyusno