Forum Pemuda Peduli Bengkulu menggelar aksi Gerakan Bersih Danau di Danau Dendam Tak Sudah tepatnya di Jalan Danau, Kecamatan Singgaran Pati, Kelurahan Dusun Besar, Selasa (26/6/18).

BENGKULU, PB – Kepedulian lingkungan bersih merupakan tanggung jawab bersama. Kalau ingin lingkungan kita itu bersih tentu dimulai dari diri kita sendiri, sehingga memberi contoh kepada orang lain.

Forum Pemuda Peduli Bengkulu menggelar aksi Gerakan Bersih Danau. Acara ini diselenggarakan pada pukul 15.00 WIB di Danau Dendam Tak Sudah tepatnya di Jalan Danau, Kecamatan Singgaran Pati, Kelurahan Dusun Besar, Selasa (26/6/18).

Dedi Suryadi selaku koordinator acara Gerakan Bersih Danau mengatakan, ada sekitar 15 komunitas yang dapat hadir dalam acara ini.

“Acara ini sendiri merupakan kali ke 2 yang dilakukan oleh Forum Pemuda Peduli Bengkulu yang sebelumnya sudah melakukan acara aksi bersih juga di Pantai Jakat Minggu lalu,” ungkap Dedi.

Setelah usai lebaran tempat wisata Khususnya di daerah Bengkulu banyak sekali sampah yang berserakan. Banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan di area wisata memicu Forum Pemuda Peduli Bengkulu melakukan aksi bersih-bersih.

Dalam acara ini ada sekitar 12 orang yang terjun langsung ke area danau menggunakan sampan untuk mengambil sampah-sampah yang berada di danau. Sedangkan yang lainnya mengambil sampah di pinggiran danau.

“Kita jadi masyarakat yang harus sadar akan sampah, peduli pada lingkungan, dan tanamkan budaya membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Dedi Suryadi.

Gerakan ini patut diapresiasi. Sebagaimana pernah diungkapkan mantan Walikota Bengkulu Helmi Hasan, tugas untuk membersihkan sampah tak bisa disandarkan semata-mata hanya kepada kepala daerah.

Menurut Helmi, persoalan sampah tidak akan pernah selesai bila kepala daerah diminta untuk memungut sampah satu persatu. Namun bila seluruh warga masyarakat berpartisipasi secara aktif, maka persoalan sampah ini akan mudah sekali dipecahkan.

“Bayangkan ketika satu warga memungut satu sampah, maka ada 400 ribuan sampah di Kota Bengkulu yang terangkut. Dengan kekompakkan ini masalah sampah ini akan mudah dibenahi,” demikian Helmi. [Mitha]

Para pemuda Bengkulu tampak bersemangat memasukkan sampah ke dalam kantong plastik.
Beberapa pemuda memanfaatkan sampan untuk turun ke danau.
Gerakan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya gerakan yang sama membersihkan Pantai Jakat Kota Bengkulu.