Kondisi Pasar Panorama tampak penuh dengan pengunjung yang ingin membeli kebutuhan lebaran, Kamis (14/6/2018).

BENGKULU, PB – Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Pasar Panorama riuh dan sesak oleh pengunjung sekira pukul 15.00 WIB, Kamis (14/6/2018).

Pantauan Pedoman Bengkulu, sejumlah pengunjung pasar tampak sibuk berbelanja pakaian, sembako dan kue lebaran.

Parkiran di depan pasar ini juga tampak penuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat pengunjung.

Jalan masuk ke pasar ini juga macet parah karena tumpah ruahnya pedagang di badan jalan. Ditambah banyaknya kendaraan roda empat yang menyesaki jalan menuju pasar ini.

Berdasarkan pantauan, di pasar ini baju koko atau baju muslim orang dewasa dan kue lebaran menjadi barang paling diburu para pengunjung pasar.

“Pengunjung lumayan banyak, karena hari ini sudah puncaknya untuk berbelanja persiapan lebaran besok. Kue lebaran, paling diburu Ibu-ibu,” kata Rini, seorang pedagang kue yang ditemui di Pasar Panorama.

Kondisi lalu lintas di kawasan Pasar Panorama tampak macet.

Untuk diketahui, penataan Pasar Panorama selalu menemui kendala sejak sepuluh tahun terakhir. Pasalnya, pada pasar terluas di Provinsi Bengkulu ini, proyek pengembangan Pasar Panorama sebagai pasar percontohan nasional belum rampung.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bengkulu sejak masa Walikota Ahmad Kanedi pada 2008-2013. Misalnya dengan melakukan penertiban, penataan tempat dan pemagaran. Pun demikian, berbagai persoalan tetap saja timbul. [Zie Khausna]