Inovasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh perusahaan pada era teknologi sekarang ini. Meski demikian, jangan sampai teknologi tersebut membawa dampak negatif untuk hidup manusia.

“Inovasi merupakan salah satu kunci untuk suatu perusahaan dapat berkembang di era teknologi sekarang ini. Inovasi sendiri dapat dimulai dari hal-hal kecil yang bisa diamati pada lingkungan sekitar,” ujar Budi Yanto selaku Region Head Astra Motor Bengkulu sebagaimana rilis yang diterima Pedoman Bengkulu, Rabu (20/6/2018).

Unik dan bermanfaat merupakan kata yang mewakili salah satu sudut di kantor Astra Motor Bengkulu yang berlokasi di Jalan Ir Rustandi Kelurahan Kandang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Lantai kantor seringkali mempunyai desain putih polos yang diselingi dengan sekat kotak yang memisahkan satu lantai dengan lantai lainnya.

Terlebih lagi bagian tangga yang jarang sekali tersentuh desain mengingat fungsinya untuk menghubungkan antara tingkat yang satu dengan tingkat yang lainnya.

Tangga yang menghubungkan lantai satu dengan lantai dua di Main Dealer Astra Motor Bengkulu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mempunyai manfaat lebih untuk karyawan.

Selain untuk memotivasi karyawan yang melintas, kata penyemangat yang ada pada anak tangga mampu membuat karyawan fokus untuk memijak anak tangga (melihat kebawah) ketimbang bermain Handphone.

Ide ini didapat mengingat banyaknya karyawan yang sering bermain Handphone saat menaiki tangga yang bisa berakibat buruk terhadap karyawan.

“Ide inovasi yang telah diimplementasikan ini nantinya akan mewakili Bengkulu dalam kompetisi inovasi yang diadakan oleh Astra Motor tingkat Nasional,” ujar Delvi Mery Fitriyani selaku karyawan Astra Motor Bengkulu yang mencetuskan ide inovatif tersebut. [Nurhas Bunaida]