BPKD Rejang Lebong pasang spanduk himbauan jangan bayar parkir tanpa karcis, Sabtu (9/6)

REJANG LEBONG, PB – Dalam rangka mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rejang Lebong dari sisi retribusi parkir, Badan Pengelola Keuangan dan asset Daerah (BPKD) Rejang Lebong memasang spanduk himbauan kepada masyarakat untuk aktif meminta karcis parkir resmi kepada petugas parkir.

Spanduk ini terpasang di tiga titik kepadatan parkir yakni di kawasan Pasar Atas, Pasar Bang Mego, dan RSUD Curup.

Dalam spanduk itupun jelas tertera “Tak ada karcis berarti gratis”, sehingga bagi pengendara yang memarkirkan kendaraannya, berhak meminta karcis parkir. Apabila tidak diberikan berarti pengendara tidak perlu membayar retribusi parkir kendaraan.

Kabid Penagihan BPKD Rejang Lebong, Hari Mulyawan, menghimbau kepada masyarakat, apabila dalam pemungutan retribusi parkir, petugas tidak memberikan karcis berarti parkir tersebut gratis.

“Jika petugas tidak memberikan karcis, berarti anda parkir gratis,” paparnya, Sabtu (09/06/2018).

Spanduk yang telah dipasang sejak sepekan terakhir itu juga menjelaskan, dengan mengambil karcis parkir, anda telah berpartisipasi dalam meningkatkan penerimaan PAD.

“Untuk meningkatkan penerimaan PAD dari retribusi parkir, maka kita pasang spanduk tersebut di titik-titik kepadatan parkir di Rejang Lebong, dan masyarakat diharapkan aktif berpartisipasi meminta karcis parkir kepada petugas parkir usai memarkirkan kendarannya,” tandasnya.

Hal ini sengaja dilakukan, mengingat banyaknya petugas parkir di Rejang Lebong yang tidak menggunakan karcis parkir saat bertugas dilapangan. Sehingga, berpotensi terjadinya kebocoran PAD sektor parkir. Karena perhitungan PAD untuk retribusi parkir berpedoman atas banyaknya karcis retribusi parkir yang habis digunakan. [Benny Septiadi]