Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, alangkah lebih baiknya kita semakin memperbanyak amal ibadah yang kita kerjakan dengan harapan dapat menjadi orang yang tak rugi dan selamatdi akhirat kelak.

Menurut para ulama, 10 hari terakhir bulan Ramadan merupakan hari-hari yang penuh berkah dan kemuliaan. di 10 malam terakhir bulan Ramadan ini juga, malam Lailatul Qadar dikatakan akan datang.

Di akhir Ramadan, dalam sebuah riwayat, Aisyah istri Rasulullah mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pun semakin meningkatkan ibadahnya.

“Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah.” (HR. Al Bukhari).

Sedikitnya ada 3 amalan yang semakin ditingkatkan Rasulullah di akhir Ramadan. Amalan tersebut adalah memperbanyak sedekah, memperbanyak membaca Al-Quran dan memperbanyak amalan di malam hari seperti salat malam dan dzikir.

Untuk bersedekah sendiri, ini merupakan amalan yang paling dianjurkan.

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan Alhamdulillah akan memenuhi timbangan, subhanallah walhamdulillah akan memenuhi ruangan langit dan bumi, shalat adalah cahaya, dan shodaqoh (sedekah) itu merupakan bukti.” (HR. Muslim)

Mengingat begitu dianjurkannya sedekah, pastikan untuk senantiasa bersedekah. Perbanyak sedekah di bulan yang penuh kemuliaan ini dan tebarkan kebahagiaan pada orang-orang di sekitar. Marhaban ya Ramadan, selamat menyambut Lebaran. [Zie Khausna]