Bulan Ramadan bertambah semaraknya dengan banyaknya penjual berbagai macam makanan yang menyajikan menu buka puasa. Di kota Bengkulu misalnya, tepatnya di area UNIB Belakang, Kandang Limun.

Di sana, tepatnya di depan gerbang UNIB Belakang, ada pasar takjil Ramadan. Setiap orang bisa menemukan berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Setiap sore hari disana pastilah ramai pengunjung. Menu yang dijual sangatlah beragam, mulai dari kue basah, gorengan, es cendol, hingga sayur, lauk pauk dan lain sebagainya. Segala macam jenis menu buka puasa nyaris tersedia.

Area pasar takjil Ramadan di sekitar gerbang UNIB Belakang biasanya buka sejak pukul 15.00 WIB. Pengunjung bisa berjalan kaki sembari memilih jajanan untuk berbuka puasa.

Pasar takjil Ramadan di area ini sendiri sudah dikenal menjadi pusatnya tempat kuliner di bulan Ramadan. Biasanya masyarakat sekitar datang untuk mencari takjil sebagai menu berbuka bersama keluarga, teman, atau bahkan untuk keperluan kantor.

Harga makanan dan minuman pun relatif terjangkau. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga minuman seperti es cendol dijual mulai Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Untuk makanan-makanan dijual dengan harga mulai dari Rp 1.000.

Bila berkunjung ke area ini, hendaknya jangan datang terlalu mepet dengan waktu berbuka puasa. Karena menu yang tersedia sudah banyak habis.

Selain itu, pastikan juga membawa dompet. Ada baiknya siapkan uang tunai dengan pecahan kecil untuk bertransaksi. Dan belilah menu buka puasa seperlunya saja agar tak mubazir. [Eva De]