Tangga Seribu

Masih ragu liburan akhir tahun mau kemana? Bingung kota mana yang akan dijelajahi selanjutnya? Anda tidak perlu khawatir. Bagi anda yang suka dengan suasana sejuknya angin dari pegunungan, kota Pagar Alam akan menjadi tujuan anda selanjutnya.

Merupakan salah satu kota di provinsi Sumatera Selatan, tempat ini dapat ditempuh sekitar 298 km darikota Palembang danberjarak sekitar 60 km dari sebelah barat daya kabupaten Lahat. Dari kota Bengkulu sendiri sekitar 4-5 jam kota ini dapat ditempuh. Walau terbilang cukup memakan waktu akan tetapi ketika tiba di kota ini anda akan disambut oleh sejuknya udara pegunungan yang segar dan alami. Kota Pagar Alam mempunyai berbagai tempat wisata diantaranya Tangga Seribu, Dempo Park, Tugu Rimau, dan air terjun.

Banyak wisatawan lokal dari berbagai asal daerah berkunjung ke tangga seribu untuk menikmati hamparan tanaman the dan berfoto ria di sana. Tangga Seribu mempunyai spot foto untuk anda yang senang berfoto atau selfie. Hanya dengan merogoh isi kantong sebesar lima ribu rupiah saja, anda bisa menikmatis uasana di Tangga Seribu. Disebut Tangga Seribu karna tempat ini mempunyai anak tangga yang sangat banyak sehingga jika dilihat bagai ribuan anak tangga hingga kepuncaknya.

Berbeda halnya dengan wisata Dempo Park, wisata ini sebagai taman rekreasi bagi pengunjung. Jika anda berkunjung ke kota ini, sempatkanlah untuk mengunjungi wisata Dempo Park. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan yang membawa keluarga karna sangat cocok sebagai taman rekreasi keluarga. Dengan sepuluh ribu rupiah/orang anda bisa sepuasnya menikmati wahana Dempo Park bersama keluarga.

Jika anda mempunyai kegemaran mendaki gunung atau para layang, Tugu Rimau merupakan titik pendakian dan lokasi awal untuk olahraga para layang. Untuk menuju  lokasi ini anda harus melewati banyak kelok jalan agar sampai ke puncak titik pendakian. Namun anda tidak perlu khawatir, ketika tiba di Tugu Rimau ini hembusan angin sejuk alami khas pegunungan akan menyambut anda sehingga lelah setelah melewati jalan yang berkelok – kelok tebayar dengan keindahan pemandangannya. Bagi anda yang senang mengabadikan momen – momen berharga, di Tugu Rimau ini ada banyak spot foto yang sengaja disediakan untuk pengunjung. Dan di sini anda tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis.

Tidak hanya dengan jamuan keindahan kebun the saja, kota ini juga memiliki berbagai air terjun yang indah serta unik, salah satunya Cughup Mangkok. Curug atau lebih dikenal dengan air terjun adalah salah satu dari beberapa air terjun lainnya di kotaini. Cukup unik sesuai dengan namanya bentuk air terjun ini seperti mangkok raksasa yang siap menampung air yang jatuh dari atasnya.Banyak wisatawan mengunjungi wisata ini ada yang sekedar mengambil foto bersama kerabatnya, adajuga yang mandi menikmati air dingin, segar nan alami. Harga tiket masuk untuk wisata ini sebesar lima hingga sepuluh ribu per orang saja.

Tempat wisata ini juga menyediakan villa bagi anda pengunjung dari daerah lain yang hendak singgah untuk jangka waktu beberapa hari atau cukup lama dengan pemandangan di setiap sisi villa langsung menghadap hamparan kebun the hijau yang sangat memanjakan mata.

Bagi anda yang suka membawa buah tangan untuk sanak saudara, jangan khawatir karna di sekitar tempat wisata yang anda kunjungi telah menyediakan oleh – oleh khas dari kota Pagar Alam seperti kopi dan the kemasan yang diolah langsung oleh warga setempat.

Kota ini mempunyai suku asli yaitu suku besemah. Tetapi warga setempat membuat akronim untuk kota kecil ini menjadi kota besemah singkatan dari kota yang bersih, sejuk, aman dan ramah.

Nah, masih bingung destinasi mana yang menjadi tujuan liburan anda? Kota Pagar Alam adalah pilihannya.

Selvia Irawan, Komunitas Menulis Bengkulu

Dempo Park
Pusat jajanan oleh-oleh
Curug Mangkok
Villa Gunung Gare. Foto Ihsan Joy.
Gunung Dempo