Puasa rasanya tak lengkap tanpa ngabuburit sore hari bersama teman-teman atau keluarga, maka tak ayal, jika ngagaburit selalu identik dengan bulan Ramadan. Lalu apa sih ngabuburit itu?

Ngabuburit berasal dari bahasa sunda, yaitu burit artinya ‘sore menjelang malam’ sedangkan ‘nga’ artinya menunggu. Jadi, Ngabuburit artinya menunggu waktu sore (burit).

Secara umum ngabuburit artinya aktivitas yang dilakukan oleh seseorang saat menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang adzan maghrib dikumandangkan.

Ngabuburit yang familiar di kalangan masyarakat adalah jalan-jalan sore. Nah, selain itu ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan rasa lapar dan dahaga, berikut ini ide-ide mengisi waktu ngabuburit di bulan suci Ramadan.

1. Tidur

Banyak yang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi ingat jangan tidur berlebihan. Dengan tidur, kita dapat menjaga tenaga, tubuh akan segar ketika bangun. Tak hanya mengistirahatkan tubuh, tidur juga mengistirahatkan pikiran. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

2. Nonton film

Sembari menunggu waktu berbuka datang, nonton film selalu jadi kegiatan seru untuk dilakukan. Tak perlu keluar rumah, menonton film bisa dilakukan di rumah. Apalagi menonton film dengan genre kesukaan bersama teman atau keluarga.

3. Baca buku atau tadarus Al-Quran

Membaca buku bisa menjadi salah satu pilihan untuk ngabuburit. Banyak pilihan buku yang bisa dibaca, misalnya novel. Selain itu, tadarus Al-Quran adalah pilihan kegiatan yang sudah pasti sangat bermanfaat. Kalau bisa, targetkan untuk menyelesaikan khatam Al-Quran dalam satu bulan Ramadan, bisa dengan cara one day one juz.

4. Wisata Kuliner

Banyak pasar yang buka selama bulan Ramadan. Mengunjungi pasar-pasar ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi ngabuburit. Selain jalan-jalan, kita bisa memilih dan membeli beraneka jajanan dan cemilan untuk berbuka puasa nanti. Kegiatan seru lainnya adalah membuat cemilan sendiri, dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada kita dapat membuat cemilan yang lebih sehat.

5. Olahraga

Jangan takut untuk berolahraga di bulan puasa. Berolahraga saat puasa memiliki banyak manfaat. Cukup lakukan olahraga yang ringan saat mendekati waktu berbuka puasa, kira-kira cukup luangkan waktu selama 20 sampai 30 menit.

Nah, itu dia ide-ide untuk mengisi waktu ngabuburit. Jika ada kegiatan selain itu, maka usahakanlah kegiatan yang bermanfaat. Hingga pahala tetap mengalir di bulan yang suci ini. [Eva De]