Menjelang Lebaran, mudik seolah sudah menjadi tradisi. Jalanan yang macet dan lelah yang dirasa akan terbayar saat berjumpa keluarga di kampung halaman.

Nah, dalam suasana lebaran selain mempererat silaturahmi dengan berkumpul bersama, juga dapat merencanakan liburan yang seru dan tetap hemat. Ini dia tipsnya.

1. Kunjungi destinasi wisata alam

Destinasi wisata alam seperti air terjun, pantai atau kolam pemandian air panas menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Biasanya setiap daerah memiliki air terjun cantik yang menyejukkan mata.

Mengunjungi destinasi ini bisa membuat diri terbebas dari kepenatan. Berlibur bersama keluarga di destinasi alam akan menjadikan liburan semakin seru dan tak terlalu menguras isi dompet.

2. Pergi liburan dengan rombongan

Berlibur dalam jumlah banyak atau rombongan dapat memberikan banyak keuntungaan. Selain liburan lebih menyenangkan, dapat juga menikmati potongan harga yang biasanya ditawarkan oleh tempat wisata, penjual oleh-oleh, dan sebagainya karena dibeli dalam jumlah banyak.

Jika memutuskan untuk merencanakan liburan dengan agen pun, akan mendapatkan potongan harga atas jumlah yang dibeli.

3. Bekal makanan

Jika berangkat wisata beramai-ramai, rasanya asyik juga membawa bekal yang nantinya dimakan bersama-sama di objek wisata tujuan. Jajan camilan di warung sekitar tempat wisata juga bisa, namun kalau membawa bekal yang disiapkan dari rumah pengeluaran bakalan lebih hemat.

Dengan membawa bekal, traveler juga tak perlu repot jika ternyata sulit mencari makanan dan minuman di sekitar objek wisata tujuan.

4. Berliburlah ke tempat atau objek wisata yang baru dibuka

Tidak hanya tempat atau objek wisata, bahkan akomodasi yang baru dibuka untuk publik juga menawarkan harga miring untuk menarik minat wisatawan. Wisatawan dapat memanfaatkan musim ini untuk berlibur dengan hemat.

Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan adalah kebanggaan karena telah mengunjungi tempat wisata yang belum banyak dikunjungi oleh orang lain. [Eva De]