Memiliki pantai yang indah nan permai, kabupaten Kaur dikenal dengan potensi wisata baharinya yang menjanjikan. Elok dan rupawan pesona Kaur membuat banyak wisatawan tak ragu untuk berkunjung.

Ada 11 pantai yang menawan dan patut dijadikan destinasi pilihan saat ke Kaur, apa saja? simak ulasannya.

1. Pantai Way Hawang

Pantai ini terletak di desa Way Hawang kecamatan Maje, sekira 15 Km dari kota Bintuhan. Daya tarik pantai ini berupa pantai dengan pasir putih dan kejernihan air dengan panorama alam yang indah.

2. Pantai Laguna

Pantai Laguna Samudera terletak di desa Merpas kecamatan Nasal, sekira 30 Km dari kota Bintuhan. Keunikan pantai ini adalah terdapat pagar ombak alamiah sehingga laut di depannya membentuk semacam laguna yang dapat direnangi dengan aman. Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan air yang jernih.

3. Pantai Linau

Terletak di desa Linau kecamatan Maje, sekira 12 Km dari kota Bintuhan, daya tarik pantai ini berupa pasir putih dan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Airnya juga jernih dan berwarna tosca.

4. Pantai Sekunyit

Terletak di desa Sekunyit kecamatan Kaur Selatan, pantai ini berjarak sekira 5 Km dari Bintuhan. Memiliki pasir yang indah serta lautnya yang jernih. Disini juga sangap cocok untuk berselancar.

5. Pantai Teluk Beringin

Pantai ini terletak di desa Tanjung Bulan, kecamatan Tanjung Kemuning yang berjarak sekira 40 Km dari Bintuhan. Pantai ini merupakan pantai yang indah dengan hamparan batu coral sebagai tempat ideal untuk melihat matahari di sore hari.

6. Pantai Sullau

Terletak di desa Sulawangi, kecamatan Tanjun Kemuning berjarak sekira 50 Km dari Bintuhan. Pantai ini merupakan tempat istirahat para nelayan sehabis melaut serta tempat pelelangan ikan secara tradisional. Pantai indah nan eksotis ini memiliki jenis batu koral yang sangat sangka.

7. Pantai Bunga Karang

Pantai ini terletak di desa Bakal Makmur, kecamatan Maje, dan berjarak sekira 8 Km dari kota Bintuhan. Pantai Bunga Karang memiliki panorama yang indah, dan merupakan tempat ideal untuk rekreasi dan bersantai.

8. Pantai Muara Sambat

Di Kaur Selatan tepatnya di desa Sedaya Baru, juga terdapat pantai yang indah. Berjarak sekira 3 Km dari Bintuhan. Pantai ini berpasir putih sepanjang 2 Km dekat dengan perkampungan penduduk dan menjadi tempat jual beli/pasar.

9. Pantai Hilli

Nah, pantai satu ini terletak di desa Cahaya Bathin, kecamatan Semidang sekira 20 Km dari Bintuhan. Pantai Hilli berada di jalan lintas Barat Sumatera dengan panorama alam laut lepas yang sangat indah.

10. Pantai Dayang Pandan

Pantai ini terletak di desa Pasar Lama, kecamatan Kaur Selatan sekira 1.5 Km dari Bintuhan. Kehidupan sehari-hari masyarakat di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri, disamping terdapatnya kebun kelapa di sekitar sini.

11. Pantai Cukoh

Sama halnya dengan Pantai Dayang Pandan, pantai ini terletak di desa Pasar Lama, kecamatan Kaur Selatan dan sangat berdekatan. Disini pengunjung bisa memancing di laut lepas atau berekreasi bersama teman-teman atau keluarga. [Eva De]