Kabag Hukum Setda Seluma, Nurfadlia

SELUMA, PB – Ditahun 2018 ini, terhitung sudah 17 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang melakukan register Peraturan Desa (Perdes) ke bagian hukum Sekretariat Daerah.

Ke 17 desa yang telah melakukan register BUMDes yaitu Desa Rimbo Besar Kecamatan Semidang Alas, Desa Talang Giring Kecamatan Air Periukan dan Desa Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras.

“Namun lebih dari 10 BUMDes yang mengajukan sebelumnya belum melengkapi berkas. Dan saya yakin belum bisa sekali perbaikan, kita masih menunggu itu,” kata Kabag Hukum Setda Seluma, Nurfadlia, Selasa (10/07/2018).

Tidak hanya terjadi ditahun 2018 ini, bahkan ditahun 2017 lalu, masih ada desa yang belum selesai perbaikan berkas sehingga belum dikeluarkan nomor register.

“Karena masih ada kekurangan. Misalnya pengantar dari Kades ke Bupati, berita acara Musyawarah desa. Ad/Art, Jenis usaha yang dimusyarawahkan dengan yang diperdeskan berbeda. Materi dan redaksi serta ada yang menggunakan aturan lama,” jelasnya.

Selain itu juga kata dia, pemerintah mewanti-wanti jika ada usulan pengolahan BUMDes berkaitan dengan potensi wisata dan galian C. Mengingat, potensi wisata dikhawatirkan masuk dalam kawasan Cagar Alam. Dan pengolahan galian C saat ini izinnya melalui Pemerintah Provinsi.

“Untuk objek wisata harus berkoordinasi dulu ke Dispora, masuk kawasan Cagar Alam atau tidak,” tandasnya. [Sepriandi]