Ilustrasi

SELUMA, PB – Sebanyak 85 Desa di Kabupaten Seluma akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di tahun 2019 mendatang.

Selain Kades yang masa jabatannya berakhir di tahun 2018 dan 2019, Pilkades serantak juga akan digelar untuk Kades yang berakhir masa jabatannya di tahun 2020.

“Pilkades direncanakan sesudah pelaksanaan Pilpres, kalau Pilpres serentak dengn legislatif maka kita adakan bulan 8, kalau tidak serentak maka kita gelar di bulan 9, “Kata Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma Arlan Aksa, Senin (09/20/2018).

Terkhusus untuk desa yang masa jabatan Kadesnya berakhir di tahun 2020, akan dibedakan jadwal pelantikannya. Seperti desa Niur kecamatan Sukaraja masa jabatan kades habis pada pebruari 2020.

“Pelantikan kades terpilih tetap setelah masa jabatan Kades sebelumnya habis,” tegasnya.

Untuk desa yang kadesnya habis masa jabatan di tahun 2018 ini, akan diisi oleh Aparatur Sipil Negera (ASN) Pemkab Seluma. Seperti di Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan.

“Kalau massa jabatannya habis ditahun ini, maka akan diisi Penjabat dari ASN Kabupaten Seluma, Bukan Penjabat Sementara (PJS). Karena PJS bisa dari non ASN,” terang Arlan.

Adapun 85 desa di 13 kecamatan Kabupaten Seluma yang akan mengikuti pilkades serentak 2019 yaitu. 11 desa Di Kecamatan Semidang Alas. 7 Desa di Kecamatan Air Periukan. 4 Desa di Kecamatan Lubuk Sandi. 5 desa di Kecamatan Seluma Barat.

Kemudian, 2 desa di Kecamatan Seluma Timur. 3 desa di kecamatan Seluma Utara. 6 desa di Kecamatan Seluma Selatan. 8 desa di kecamatan Talo. 2 desa di Kecamatan talo kecil. 7 desa di ulu talo. 10 desa di Kecamatan ilir talo.

Selanjutnya ada, 9 desa di Kecamatan Semidang Alas dan 11 desa di kecamatan Semidang Alas Maras. [Sepriandi]