Kabupaten Mukomuko berdiri dengan dasar UU RI Nomor 3 Tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003. Pembentukan Mukomuko sebagai kabupaten terpisah dari induknya yakni Bengkulu Utara.

Hal tersebut dilandasi berbagai pertimbangan strategis yang bermuara pada pengembangan wilayah dan optimalisasi pembangunan daerah. Kabupaten ini dibentuk atas ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta motivasi untuk membangun daerah.

Seiring pertumbuhannya, daerah Mukomuko juga dikenal dengan beberapa tempat wisatanya yang terkenal. Pengunjung pun berdatangan dari dalam maupun luar daerah. Nah, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Mukomuko, 9 objek wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

1. Pantai Indah

Terletak di Kota Mukomuko, dekat peninggalan Benteng Anna, daya tarik Pantai Indah berupa pantai berpasir putih keabu-abuan, tempat pendaratan ikan dan nelayan, dapat juga menyaksikan transaksi jual beli ikan.

2. Padang Penaek

Kawasan ini memiliki lahan luas berbentuk pulau karena dikelilingi sungai yang mengalir. Padan Penaek merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa unsur daya tarik yaitu; habitat mangrove, kebun jarak pagar, padang pengembalaan, rest area pulau cinta (terdapat populasi kelelawar), sungai dan taman teratai.

3. Pantai Batung Badoro

Terletak sekira 5.5 Km dari kota Mukomuko, daya tarik pantai ini berupa pantai yang masih alami dengan panorama alam pohon cemara dan hamparan pantainya terdiri dari hamparan bebatuan.

4. Pantai Pandan Wangi

Lokasi pantai in berdekatan dengan Pantai Badung Badoro sekira 5.5 Km dari kota Mukomuko. Pantainya masih alami dengan hamparan pasir putih yang keabu-abuan dan vegetasi pohon cemara. Pantai Pandan Wangi sangat ideal sebagai tempat piknik/rekreasi dan melihat sunset.

5. Pantai Air Rami

Terletak di kecamatan Air Rami, berjarak sekira 120 Km di sebelah selatan Mukomuko, pantai ini menjadi tempat peristirahatan bagi orang yang melakukan perjalanan jarak jauh dan melewati Mukomuko. Daya tarik pantai ini yakni panorama alamnya dan muara sungai dengan vegetasi pohon cemara.

6. Danau Nibung

Objek wisata ini terletak di kecamatan Mukomuko Utara. Berjarak sekira 4 Km dari pusat kota. Daya tariknya berupa danau dengan bentuk yang berlekuk-lekuk. Kondisinya yang asri dan dekat dengan kota sangat ideal sebagai tempat rekreasi.

7. Danau Lebar

Tempat wisata ini terletak di area perkebunan sawit, sekira 18 Km dari kota Mukomuko. Menuju tempat ini akan melewati Pantai Pandan Wangi dan Pantai Badung Badoro. Daya tariknya berupa danau yang asri dan panorama alam di tengah danau ada pulau kecil dengan fasilitas bangunan untuk istirahat.

8. Bendungan Manjuto

Terletak di kecamatan Lubuk Pinang, untuk menuju objek wisata ini menempuh waktu 25 menit dari kota Mukomuko menggunakan kendaraan roda empat. Daya tarik tempat ini berupa bendungan irigasi sungai Manjuto yang dikelilingi oleh panorama alam yang indah.

9. Benteng Anna

Benteng Anna merupakan benteng ketiga yang dibangun Inggris di sepanjang pantai barat Bengkulu. Benteng ini dibangun pada tahun 1898 di pinggiran sungai Selagan dan dekat Pantai Mukomuko. Benteng ini berjarak sekira 274 Km dari Kota Bengkulu. [Eva De]