Tahun ajaran baru SD IT Al-Aufa kembali melaksanakan kegitan di luar sekolah dalam bentuk outbound di Pantai Panjang, Rabu (18/7/2018). Siswa yang berangkat adalah siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6 beserta dewan guru.

Kegiatan outbound dilaksanakan pada hari ketiga dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sekolah tersebut. Kegiatan outbound kids ini tetap mengacu pada kurikulum yang dikembangkan lagi untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan komprehensif untuk pengembangan minat, bakat dan potensi siswa serta menumbuhkan mentalitas yang islami dan berakhlaq mulia.

Selain itu juga sebagai pembinaan kemandirian hidup dan pengembangan kerjasama kelompok. Kegiatan ini diharapkan juga dapat membentuk watak dan karakter yang baik dalam diri anak dengan menjadikan alam sebagai guru.

Kegiatan outbound merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal team work atau kerjasama antar tim untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu juga melatih komunikasi siswa dalam menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.

Kepala Sekolah SD IT Al-Aufa, Widya Puspita Sari, mengatakan, sejumlah permainan dilakukan dalam outbound ini. Kegiatan belajar ini dilakukan agar siswa dan siswi tidak bosan dan bermain dengan alam.

“Semoga saja bisa menjadi kan anak semangat belajar. Kenal dekat dengan teman dan gurunya. Sekitar 160 murid yang ikut serta,” ungkapnya.

Outbound juga melatih daya kosentrasi siswa yaitu proses peningkatan daya fokus dan daya ingat terhadap sesuatu. Outbond juga memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui simulasi permainan.

“Alhamdulillah outbound di Pantai panjang Bengkulu berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam belajar dan berprestasi,” tutupnya. [Mey Borjun]