Ketua DPW PAN Bengkulu Helmi Hasan saat melakukan resgistrasi pendaftaran bacaleg PAN untuk DPRD Provinsi di Kantor KPU Provinsi Bengkulu, Selasa (17/7/2018).

BENGKULU, PB – Dipimpin langsung oleh Helmi Hasan, Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu mendaftarkan bakal calon legislatornya yang akan maju dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Selasa (17/7/2018).

Saat ditemui awak media, Ketua DPW PAN Bengkulu Helmi Hasan menjelaskan bahwa para Caleg yang didaftarkan saat ini merupakan hasil kerja keras tim dalam mencari kandidat yang pas.

“Ya alhamdulillah kita telah mendaftarkan nama-nama caleg kita yang merupakan hasil pencarian kita selama ini,” kata Helmi.

Saat dikonfirmasi, Helmi juga membenarkan keikutsertaan Zacky Anthoni Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu dalam perebutan kursi legislatif sebagai calon di DPRD Provinsi Bengkulu.

“Memang benar salah satunya dia, kita telah melakukan komunikasi sebelumnya tidak hanya sehari dua hari dan sudah beberapa bulan yang lalu,” ujarnya.

Ketua DPW PAN tersebut juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak berharap muluk-muluk namun cukup dengan target yang sewajarnya dengan sembilan kursi untuk DPRD Provinsi.

“Target kita sembilan kursi untuk DPRD Provinsi Bengkulu, kita masuk akal saja,” imbuhnya.

Untuk DPR RI, PAN mengusung calegnya dengan komposisi nama sang incumbent dua priode Dewi Coryati, Yenita, Beni Suharto dan satu orang lagi masih dirahasiakan.

“Untuk DPR RI, kita ada empat nama dan satu nama masih dirahasiakan,” tutupnya.

Data yang berhasil dihimpun, dari 45 bakal caleg provinsi PAN, 25 orangnya merupakan anak muda dengan usia 22 hingga 45 tahun. Dari 45 orang tersebut 37 persen diantaranya caleg perempuan.

Sebanyak 60 persen mereka merupakan para bintang dari kalangan aktivis gerakan dan pengusaha muda. Selain Zacky Anthoni selaku Ketua PWI Provinsi Bengkulu juga ada nama Ketua Barisan Muda PAN Bengkulu Dempo Xler.

Dempo juga merupakan mantan Presiden Mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) dan aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Kemudian ada nama Ketua Keluarga Alumni (KA) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bengkulu 2017-2021, Elvis Bakrie.

Di kalangan pengusaha muda terdapat nama Rama Eka Putra dari daerah pemilihan (dapil) Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah, Billy dari dapil Seluma dan Gustan dari dapil Kepahiang. [Deni Dwi Cahya]