Roges Mawansyah

BENGKULU UTARA, PB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara mengimbau kepada masyarakat berperan aktif memeriksa identitasnya sendiri dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu tahun 2019.

Masyarakat bisa melapor bila belum tercantum hingga terjadi kesalahan data. Hal itu juga berguna untuk mendeteksi data ganda dan menjadi perekaman data pemilih untuk pemilihan umum selanjutnya secara berkesinambungan.

“Masyarakat dapat mengecek langsung di setiap papan pengumuman yang ada di kantor desa untuk mengetahui apakah namanya sudah tercantum dalam daftar pemilih. Silakan lapor kalau perlu ada proses perbaikan,” ujar Ketua KPU Bengkulu Utara Roges Mawansyah, Rabu (4/6/2018).

Setelah penetapan DPS, pengecekan nama dapat dilakukan di Kantor KPU setempat dan juga diumumkan di Kantor Desa, PPS dan RT/RW untuk ditanggapi oleh warga.

“Bila ada warga yang belum masuk DPS maka harus diperbaiki dan lapor ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk menjadi daftar pemilih yang baru,” ungkap Roges.

Roges berharap, masyarakat berperan aktif melapor ke KPU jika menemukan adanya kesalahan dalam pencantuman data pemilih.

“Kalau sudah menemukan seperti itu, masyarakat perlu juga diminta keaktifannya. Jadi masyarakat bisa melapor ke KPU supaya bisa mempercepat proses pemutakhiran datanya,” tuturnya.

Data pemilih dari DPS masih akan terus berubah dan terus dimutakhirkan hingga ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Pemilu 2019. [Evi Kusnandar]