BENGKULU, PB – Melalui Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) dan Pameran Hasil Karya Siswa dan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Provinsi Bengkulu yang digelar di Bengkulu Indah Mall pada hari ini, Jum’at (13/7), diharapkan mampu mengembangkan potensi dan bakat keterampilan bagi anak berkebutuhan khusus.

Ada 17 SLB dari kota ataupun kabupaten yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini. Diantaranya adalah SLB Lebong Bengkulu, SLB Negeri Curup, SLB Negeri 1 Seluma, SLB Negeri 1 Kota Bengkulu dan SLB Negeri 1 Bengkulu Utara.

Anak-anak yang biasanya dianggap memiliki keterbatasan dan kekurangan kali ini diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan sebuah karya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun mengungkapkan apresiasinya atas kreatifitas yang dimiliki oleh seluruh peserta lomba.

“Masyarakat sebanyak mungkin mengetahui kreatifitas siswa yang digelar dalam ajang lomba siswa luar biasa ini dan hasilnya nanti akan diikutkan dalam kompetisi nasional pada bulan Oktober mendatang,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Budiman meminta kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk melihat prestasi dan memberikan arahan sekaligus meninjau untuk pameran pada sore hari ini dan mendapat dukungan dari beliau untuk kemajuan sekolah luar biasa.

Rohidin Mersyah memberikan apresiasi dengan diadakannya LKSN se-Provinsi. Menurutnya, peran anak-anak SLB ini memberikan pelajaran yang sangat berarti bagi masyarakat.

“Ada dua spirit besar yang dapat kita ambil. Pertama, mereka mengatakan bahwa saya ada kekurangannya, saya tidak sempurna, saya berkebutuhan khusus. Tapi mereka jawab, ini karya kami, kami mampu tampil. Bersyukur dengan segala kelebihan dan kekurangan yang justru membedakan satu dengan yang lain bukan kesempurnaan fisik, tapi peran dan hasil karya, dan manfaat yang diberikan kepada orang lain,” pungkas Rohidin. [Mey Borjun]